Bogor (ANTARA News) - Tiga universitas dari Indonesia dan Jepang  menjalin kerja sama bidang pendidikan dan pengabdian kepada masyarakat.dengan mengusung tema Sustainable Agriculture.

Kepala Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakar (LPPM) IPB Dr Ir Aji Hermawan, MM, dalam penjelasan melalui Humas IPB di Bogor, Jawa Barat, Sabtu menyebutkan bahwa tiga universitas dari Indonesia adalah Institut Pertanian Bogor (IPB), Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar, Sulawesi Selatan,

Sedangkan universitas dari Jepang adalah Kagawa University, Ehime University dan Kochi University.

Kerja sama universitas kedua negara yang dikenal dengan SUIJI-SLP (SUIJI-Service Learning Program) itu  salah satu programnya adalah mengajak mahasiswa untuk belajar bersama masyarakat. Bentuknya adalah melalui kegiatan melihat, mendengar dan merasakan secara langsung kehidupan masyarakat.

Khusus di lingkup IPB, katanya, kegiatan yang berlangsung pada 22 Februari hingga 19 Maret 2019 akan dipusatkan di Desa Neglasari dan Desa Sukawening (Kabupaten Bogor) dan Kelurahan Situgede dan Kelurahan Bubulak (Kota Bogor).

Sebelum diterjunkan, kata dia, para mahasiswa itu mendapat pembekalan tematik pada 14-16 Februari.

Setelah program SUIJI-SLP Tahun 2018 berhasil, pihaknya mengajak mahasiswa IPB untuk dapat turut serta dalam kegiatan SUIJI-SLP Indonesia Tahun 2019.
Baca juga: Peneliti asia bahas Rizobakteri untuk pertanian berkelanjutan
Baca juga: APEC Sepakati Pembangunan Pertanian Berkelanjutan

Pewarta: Andi Jauhary
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019