Jakarta (ANTARA News) - Menteri Sosial Agus Gumiwang Kartasasmita merespon cepat kejadian banjir di enam kabupaten dan satu kota di Provinsi Sulawesi Selatan dengan mengirimkan bantuan logistik dan personel Taruna Siaga Bencana (Tagana).

"Tim sudah bergerak ke lokasi, ada 450 personel Tagana yang membantu proses evakuasi warga yang terjebak banjir," kata Mensos di Jakarta, Rabu.

Selain mengerahkan 100 personel Tagana Gowa, 200 Tagana Makassar, 50 orang Tagana Maros, 50 dari Pangkep dan 50 personel Tagana Barru tersebut, Kemensos juga menurunkan dua perahu karet di Gowa dan satu di Makassar.

Sebanyak enam kabupaten dan satu kota yang dilanda banjir yaitu Kabupaten Gowa, Kabupaten Maros, Kabupaten Pangkep, Kabupaten Barru, Kabupaten Jeneponto, Kabupaten Sopeng dan Kota Makassar.

"Kondisi terparah ada di Gowa dan Makassar akibat curah hujan yang tinggi selama dua hari berturut-turut dan sungai Jeneberang yang sungai terpanjang di Sulawesi Selatan meluap," katanya.

Data dari Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan hingga Rabu (23/1) pukul 09.00 WIB tercatat sebanyak 2.121 jiwa di Kabupaten Gowa mengungsi dan lebih dari 1.000 jiwa di Makassar mengungsi.  

Titik Pengungsian di Kabupaten Gowa terdapat di Mesjid Baiatul Jihad Tompobalang 70 jiwa, Kelurahan Samata 200 jiwa, Masjid Mangngalli 200 jiwa, Puskesmas Pallangga 21 jiwa, Kantor camat Pallangga 56 jiwa, BTN Pallangga Mas 33 jiwa, Puskesmas Kampili 6 jiwa, Mesji Nurul Iman Yabani Bonto Ramba Somba Opu 94 jiwa, Pasar Sungguminasa 600 Jiwa, Gardu Induk PLN Sunggu minasa 40 jiwa, Pandang-pandang 120 Jiwa, Bukit Tamarunang 160 jiwa, Kompleks RPH Tamarunang 521 jiwa.

"Saat ini sudah ada dua titik dapur umum di Kota Makassar masing-masing di Paccerakkang dan Perumahan Bumi Tamalandrea Permai. Sementara satu dapur umum di Gowa ada di Pasar Sentral Sungguminasa," kata Mensos.

Kementerian Sosial, lanjutnya, juga telah mengirimkan bantuan bencana alam tahap pertama ke Dinas Sosial Provinsi Sulawesi Selatan.

Barang bantuan bencana alam terdiri dari bantuan makanan dan lauk pauk 1.400 paket, 15 ribu bungkus mie instan, 1 unit tenda serbaguna keluarga, 300 lembar tenda gulung, 50 unit velbed, 100 lembar Kasur.

Kemensos juga mengirimkan peralatan keluarga sebanyak 600 paket, 250 paket peralatan dapur keluarga, 200 lembar selimut, dan 100 paket sandang. Total bantuan tahap pertama ini sebesar Rp874.517.200.

"Kami akan terus memantau perkembangan upaya perlindungan korban bencana banjir Sulsel dan sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo bahwa prioritas penanganan Kemensos adalah pemenuhan kebutuhan dasar warga terdampak," katanya.

Baca juga: Air bendung naik, warga Gowa-Sulsel diingatkan waspada banjir-longsor

Baca juga: Banjir di Gowa-Sulsel telan enam korban jiwa

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2019