Cadangan pangan daerah bisa dibantu dari situ. Kita berdayakan sumber daya manusia-nya, sehingga tidak panik saat masuk musim penghujan dan terjadi bencana. Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) sudah banyak di Pandeglang, kita tinggal perbaiki kelembagaan
Pandeglang, Banten, (ANTARA News) - Bupati Pandeglang, Irna Narulita meminta agar setiap kecamatan memiliki lumbung pangan mengantisipasi kerawanan pangan karena Pandeglang adalah salah satu daerah di Provinsi Banten yang rawan akan terjadinya bencana alam.

"Biasanya kalau banjir para petani akan kesulitan untuk menanam padi. Oleh sebab itu harus ada cadangan pangan di saat sedang panen, sebagai antisipasi jika terjadi bencana," katanya pada lokakarya cadangan pangan di Pandeglang, Selasa.

Bupati mengatakan, dengan adanya cadangan pangan di tiap kecamatan dan desa, akan sangat membantu cadangan pangan daerah dalam penanggulangan jika terjadi bencana alam yang berdampak pada kerawanan pangan.

"Cadangan pangan daerah bisa dibantu dari situ. Kita berdayakan sumber daya manusia-nya, sehingga tidak panik saat masuk musim penghujan dan terjadi bencana. Lumbung Pangan Masyarakat (LPM) sudah banyak di Pandeglang, kita tinggal perbaiki kelembagaannya," katanya.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan (DKP) Pandeglang, Mohamad Amri, mengatakan, cadangan pangan terdiri dari tiga bagian yaitu cadangan pangan pusat yang terdiri dari pusat dan provinsi, cadangan pangan daerah, dan cadangan pangan masyarakat yang ada di desa.

"Cadangan pangan pusat dan provinsi itu dikelola Perum Bulog untuk penanganan saat bencana terjadi yang koordinator sektornya BPBD dan Dinsos. Sedangkan cadangan pangan daerah untuk paska bencana," tambahnya.

Menurut Amri, cadangan pangan masyarakat yang ada di desa belum semua tersosialisasikan. Adapun cadangan pangan di desa ini dalam bentuk LPM.

"Jika cadangan pangan pusat, daerah, dan desa berjalan baik, kami yakin tidak akan terjadi kerawanan pangan di Pandeglang. Dan di Pandeglang sekarang ada 37 LPM, di antaranya Mandalawangi, dan Carita," kata Amri.

Dia mengatakan, cadangan pangan untuk Kabupaten Pandeglang idealnya 504 ton. Jumlah ini, hasil dari penduduk Pandeglang dikalikan dengan 80 persen cadangan pangan provinsi.

Baca juga: Pemprov Banten diminta bangun irigasi ketahanan pangan nasional

Baca juga: Petani Lebak panen 8 ton/hektare dengan teknologi jejer legowo

Pewarta: Mulyana
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018