Zeynita Gibbons







London (ANTARA News) - "Meraih Bintang", lagu resmi ajang Asian Games 2018 yang memberikan semangat, sekaligus mengajak masyarakat Indonesia untuk mendukung Asian Games di gelar di Jakarta dan Palembang Agustus lalu bergema di pojok taman kota London yang dikenal dengan Speakers Corner di Hyde Park London, akhir pekan lalu.

Lebih dari 100 warga Indonesia tergabung dalam Gerakan GWJokowi pendukung Paslon #01 Jokowi-Amin melantumkan lagu Meraih Bintang dalam acara berdeklarasi bersama menyatakan support mereka untuk Paslon #01 Jokowi-Amin yang datang dari berbagai daerah di Inggris seperti Bristol, Oxford, Cambridge, Colchester dan London sekitarnya.

Ketua Gerakan GWJokowi yang dibentuk almarhum Sys NS dan di Inggris Raya dipimpin Zulinda Berry Natalegawa yang biasa disapa Linda oleh rekan-rekan nya kepada Antara, Selasa mengatakan dalam acara deklarasi juga digelar kampanye dengan cara unik yaitu berkeliling kota London mengunakan London Bus Tour, warna merah yang khas Inggris.

Dalam deklarasi bersama menyatakan support mereka untuk Paslon #01 Jokowi-Amin juga tampak hadir Ketua Tim Kampanye Jokowi-Ma`ruf di Sumatera Utara Ivan Iskandar Batubara yang melihat adanya kegembiraan dan kecintaan masyarakat Indonesia pendukung simpatisan Paslon #01 yang ada di Kerajaan Inggris akan Presiden Joko Widodo.

Kehadiran Ketua Umum Kamar Dadang dan Industri (Kadin) Provinsi Sumatera Utara itu di London, Inggris dalam rangka menghadiri acara wisuda sang putri yang menyelesaikan pendidikannya di salah satu universitas ternama di London mengakui cara deklarasi dan kampanye yang dilakukan di London ini sangat unik. Diharapkannya bisa menjadi contoh bagi warga Indonesia pendukung Paslon1 dimana pun berada.

Speakers Corner di Hyde Park London dimana banyak tokoh politik kelas dunia menyuarakan pikirannya dan aspirasinya secara bebas mencatat dalam sejahrahnya dinikmati oleh komunitas Indonesia di Inggris Raya untuk berdeklarasi bersama menyatakan support mereka untuk Paslon #01 Jokowi-Amin pada hari Minggu (16/12)

Dari tim GWJ relawan Saripudin mengaku tidak ada susah atau lelahnya menggalang peserta untuk acara ini karena besar nya semangat dari rekan-rekan, bahkan event seperti ini sudah lama ditunggu para pendukung Paslon1 digelar di London. "Insha Allah kita akan bikin lagi segera," ujar Saripudin yang semangat mendokumentasikan acara kota London yang dingin.

Usai deklarasi dengan mengunakan London Bus tour relawan berkeliling kota bersama, mengunjungi lokasi atraksi turis dan tempat-tempat bersejarah di London, mulai dari Hyde Park ke Buckingham Palace, Westminster, London Eye menuju Tower of London dan kembali melewati St Paul's Cathedral, Tarfalgar Square, Regents Street dan berakhir di Marble Arch.

Bus merah double decker ciri khas London untuk hari itu disulap terpampang di jendela sebagai bus nomer 01 bersama Jokowi-Amin dengan tujuan destinasi Indonesia Maju. Tour yang berhasil penuh menggalang lebih dari 140 orang peserta dan relawan ini bukan saja sarana transportasi tapi juga dijadikan ajang tempat komunitas bersuka-cita bersama khalayak ramai setempat merayakan pesta demokrasi dengan lagu-lagu seperti `Meraih Bintang' dan tarian-tarian massal tiap kali bus singgah berhenti.

Para relawan juga menyanyikan Indonesia Raya dan Padamu Negri bersama membuat banyak warga Indonesia yang datang dari berbagai kalangan seperti profesional, diaspora, para pekerja migran dan mahasiswa serta ibu rumah tangga merasa terharu.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan calon presiden, yaitu nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: Kampanye simpatik di Inggris, Relawan #01Jokowi-Amin gunakan London Bus Tour
Baca juga: Jokowi percaya militansi tinggi relawan dan pendukungnya di Jambi
Baca juga: Relawan Jokowi targetkan 70 persen suara di Jatim

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018