Kita mengutuk keras pembantaian yang dilakukan oleh KKB tersebut, dan berharap para pelakunya segera ditemukan."

Jakarta, (ANTARA News) Komandan Komando Satuan Tugas Bersama Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengecam keras pembunuhan yang dilakukan oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Papua.

"Kita mengutuk keras pembantaian yang dilakukan oleh KKB tersebut, dan berharap para pelakunya segera ditemukan," kata AHY dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Rabu. 

AHY mengucapkan rasa duka cita atas terbunuhnya sejumlah pekerja BUMN PT Istaka Karya oleh KKB dalam peristiwa tersebut. 

“Turut berduka cita atas terbunuhnya pekerja BUMN PT Istaka Karya. Semoga keluarga korban diberikan kekuatan dan ketegaran,” ujar AHY. 

AHY mendukung penuh aparat TNI dan Polri untuk menangani tindak kekerasan tersebut, serta membebaskan sejumlah orang yang kini masih disandera KKB. 

Sebelumnya penyerangan dan penembakan kelompok kriminal bersenjata telah menewaskan 19 pekerja PT Istaka Karya di sekitar Kali Yigi dan Kali Aurak, Distrik Yall, Papua, Minggu (2/12).

Selain menewaskan pekerja pembangun jembatan, kelompok kriminal bersenjata juga dilaporkan menyerang Pos TNI Mbua di Kabupaten Nduga pada Senin (3/12) sekitar jam 18.30 WIT. Satu anggota TNI dari Yonif 755 Kostrad dilaporkan gugur akibat serangan tersebut. 

Presiden Jokowi telah memerintahkan TNI dan Polri mengejar dan menangkap seluruh pelaku yang terlibat dalam penembakan tersebut.

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018