Padang (ANTARA News) - Gubernur Sumatera Barat (Sumbar) Irwan Prayitno mengusulkan perlunya dibentuk sebuah badan kerja sama gubernur se-Sumatera untuk memudahkan koordinasi dalam pelaksanaan pembangunan wilayah.

"Melalui badan kerja sama gubernur, kegiatan seperti koordinasi atas program yang melibatkan dua wilayah atau lebih, evaluasi maupun bentuk persoalan lain di Sumatera dapat berjalan efektif," katanya pada rapat koordinasi gubernur se-Sumatera dengan tema Pembangunan Infrastruktur Mendukung Pariwisata dan Pembangunan Regional Sumatera yang dilaksanakan di Padang, Kamis.

Usulan itu ia sampaikan berkaitan dengan saran dari beberapa perwakilan dari beberapa propinsi agar rumusan yang dihasilkan dalam rakor sesegera mungkin ditindaklanjuti sehingga membuahkan hasil.

"Usulan dibentuk badan kerja sama tidak disepakati sekarang karena perlu dibahas oleh gubernur bersama Bappeda. Setelah ini ada rakortek, baru kita putuskan," ujarnya.

Ia menyebutkan pada rapat koordinasi gubernur se-Sumatera sebelumnya telah menghasilkan sejumlah usulan dari gubernur tiap propinsi yang telah dibahas bersama Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) di tiap propinsi.

Dalam pertemuan yang dilaksanakan kali ini, lebih menekankan pembahasan usulan pada empat hal yaitu konektivitas darat, laut dan udara, promosi pariwisata secara bersama.

"Misalnya melalui kegiatan Tour de Singkarak (TdS), Jambi mengusulkan tahun depan akan ikut. Silakan daerah lain agar ikut terlibat atau menyelenggarakan acara sendiri," ujarnya.

Selanjutnya penyediaan industri hilir terutama untuk komoditas sawit, karet dan gambir agar harga dapat dikendalikan dan pembangunan infrastruktur.*


Baca juga: Rakor Gubernur se-Sumatera hasilkan 10 kesepakatan bersama

Baca juga: Anwar Ibrahim ungkap alasan memaafkan Mahatir Mohammad

Baca juga: Anwar Ibrahim terkesan dengan pantun Gubernur Sumbar


 

Pewarta: Syahrul Rahmat
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2018