Sehingga dengan bershalawat yang dilaksanakan ini dapat menghindari negeri kita ini dari segala macam bencana dan kejadian - kejadian yang tidak diinginkan
Ternate, (ANTARA News) - Membaca shalawat dengan berjalan hingga hikmah yang disampaikan penceramah mewarnai peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1440-Hijriyah yang dilakukan sejumlah komponen masyarakat Kota Tidore Kepulauan, Maluku Utara (Malut).

Wali Kota Tidore Kepulauan, Ali Ibrahim di Ternate, Rabu, mengatakan, momentum Maulid Nabi Muhammad SAW ini hendaknya dijadikan sebagai wahana dalam meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT serta memupuk persatuan dan persaudaraan menuju perubahan yang lebih baik di daerah ini.

"Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW ini bukan sekadar mengenang kelahiran dan perjalanan hidup Rasulullah, tetapi dapat meneladaninya dengan melakukan perubahan dalam perilaku, ibadah, semangat, persaudaraan dan etos kerja," katanya.

Oleh karena itu, umat Islam diminta untuk mempertahankan ajaran yang telah diwariskan oleh Nabi Muhammad SAW dengan beriman agar mendapatkan kebahagian dunia dan akhirat.

"Sehingga dengan bershalawat yang dilaksanakan ini dapat menghindari negeri kita ini dari segala macam bencana dan kejadian - kejadian yang tidak diinginkan," katanya.

Menurut dia, kegiatan itu sebagai bentuk  tasyakur kepada Allah SWT atas dilahirkannya Nabi Muhammad SAW dan untuk mempererat "ukhuwah islamiyah" antara Pemkot Tidore Kepulauan dengan masyarakat umumnya dan sesama umat Islam khususnya.
 

Sementara penyampaian hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW dibawakan Ketua MUI Kota Tidore Kepulauan H.M. Saleh Yasin yang mengatakan bahwa tanggal 12 Rabiul Awal merupakan hari bersejarah bagi umat Islam.

Ia mengatakan bahwa Rabiul Awal merupakan bulan kelahiran Nabi Muhammad sehingga  umat Muslim dianjurkan membaca sebanyak banyaknya shalawat.

Kegiatan yang dimulai dari halaman Kantor Wali Kota dan finish di kawasan Pantai Tugulufa diikuti Sekda, M. Thamrin Fabanyo, unsur Forkompinda, Asisten Sekda, Staf Ahli Wali Kota, Pimpinan SKPD, BUMN dan BUMD, Organisasi Islam, Majelis Taklim dan Siswa-Siswi SD/ Ibtidaiyah, SMP/Tsanawiyah dan SMA/Aliyah sekaligus penyerahan dana insentif kepada perwakilan Imam Syara secara simbolis.


Baca juga: Insentif imam masjid-pendeta Tidore Kepulauan akan dinaikkan
Baca juga: Ratusan siswa diajak teladani Nabi lewat shalawat
Baca juga: Shalawat Nabi tandai wisuda SMPIT-SMAIT Insantama Bogor

 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2018