Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan Jakarta berkomitmen menurunkan emisi gas rumah kaca sampai 30 persen pada tahun 2030 dan saat ini sedang dalam proses pembuatan Climate Action Plan yang komprehensif dengan target rampung di tahun 2020.

"Demikian yang kita sampaikan pada pertemuan bilateral dengan Mark Watts, Executive Director of C40 Cities Climate Leadership Group di sela-sela Urban 20 Summit di Buenos Aires," kata Anies pada laman facebook milik Anies Baswedan, Selasa.

C40 adalah organisasi 90 kota besar dunia, mewakili lebih dari 650 juta penduduk dan seperempat kekuatan ekonomi global. Organisasi ini bertujuan mendorong aksi perkotaan untuk mengantisipasi perubahan iklim, mengurangi emisi gas rumah kaca, dan meningkatkan kualitas kesehatan, kesejahteraan dan kesetaraan ekonomi warga kota.

C40 sangat tertarik dengan inovasi Jak Lingko dan menawarkan Jakarta untuk memanfaatkan Global Environment Facilities, kerjasama pendanaan yang dapat digunakan untuk mendukung kebijakan sistem angkutan publik terintegrasi yang ramah lingkungan.

Proses pembuatan Jakarta Climate Action Plan juga dilakukan bersama C40. Selain itu, ada pula C40 Academy yang dapat diikuti oleh jajaran Pemprov DKI terkait perencanaan dan manajemen sistem transportasi.

"Kami menyepakati berbagai kerjasama dengan C40 terkait inisiatif perubahan iklim, demi terjaganya kelestarian bumi yang kita pinjam dan harus kita kembalikan kepada anak cucu kita kelak".

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018