Karawang, Jabar (ANTARA News) - Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Karawang, Jawa Barat mengajak masyarakat ikut melakukan pengawasan pada Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

"Saat ini sudah masuk tahapan kampanye, jadi perlu peran masyarakat untuk ikut melakukan pengawasan," kata Ketua Bawaslu setempat Kursin Kurniawan saat sosialisasi pengawasan partisipatif kepada Panitia Pengawas Pemilu Kecamatan Lemahabang, Karawang, Kamis (18/10).

Dikatakannya, peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan pemilu partisipatif itu dibutuhkan, karena petugas pengawas pemilu tingkat kabupaten, kecamatan dan desa itu terbatas.

"Bahkan jumlah peserta pemilu lebih banyak dibandingkan dengan jumlah anggota Bawaslu," kata dia lagi.

Kursin mengatakan, untuk meningkatkan peran pemilih dalam melakukan pengawasan tahapan Pemilu 2019, Bawaslu setempat terus menggelar berbagai kegiatan sosialisasi, seperti sosialisasi pengawasan partisipatif yang digelar secara serentak di seluruh kecamatan.

Ia menyatakan, kegiatan pengawasan partisipatif ini menjadi konsentrasi Bawaslu. Karena pada intinya yang berhak mengawasi pemilu adalah masyarakat.?

"Masyarakat harus peduli dengan situasi politik di lingkungannya dengan menyampaikan segala bentuk pelanggaran pemilu," katanya pula.

Baca juga: Bawaslu DKI temukan pelanggaran pemilu caleg DPRD DKI libatkan kepsek

Baca juga: Bawaslu menemukan pemilih tidak jelas

Baca juga: Bawaslu Jabar antisipasi modus baru politik uang

Pewarta: M.Ali Khumaini
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018