Jakarta (ANTARA News) - Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Mendes PDTT) Eko Putro Sandjojo meminta agar dana desa di daerah yang terdampak bencana digunakan untuk menyikapi bencana.

"Kami ingin dana desa yang ada di desa-desa terdampak bencana itu bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dalam menyikapi bencana," ujar Eko di Jakarta, Kamis.

Ia menambahkan Kemendes PDTT tetap melakukan tanggap darurat atas bencana gempa bumi yang melanda di desa-desa yang ada di Nusa Tenggara Barat dan Sulawesi Tengah.

Menurut dia, tanggap darurat masih dilakukan sesuai dengan kebutuhan para pengungsi. Untuk rehabilitasi dan rekontruksi, kata dia, tidak hanya dari Kemendes PDTT saja tetapi juga dari kementerian lain.

Begitu juga dengan Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dan Produk Unggulan Kawasan Pedesaan (Prukades) di daerah bencana harus dimulai dari awal lagi.

Baca juga: Presiden IFAD puji keberhasilan program dana desa

Dia memberi contoh desa di Kabupaten Sigi, yang terdapat 174 desa, namun sekitar 130-an desa di daerah itu terkena bencana. Kabupaten Sigi merupakan salah satu model dari Prukades bersama dengan Kabupaten Pandeglang, Halmahera Barat, dan juga Sumba Timur.

Sejumlah desa telah berhasil meningkatkan pendapatannya melalui Prukades tersebut. Prukades adalah kegiatan membuat kluster ekonomi di desa-desa dan kemudian Kemendes PDTT memberi insentif supaya desa fokus mengembangkan produk unggulannya

"Untuk Sigi, kami melakukan pendataan. Apakah desa tersebut tetap di situ atau dipindah," kata dia.

Baca juga: Kemenko PMK pastikan dana desa untuk dukung rehab rekon pascabencana
 

Pewarta: Indriani
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2018