Jakarta (ANTARA News) - Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto mengatakan keberhasilan penyelenggaraan Asian Games, Asian Para Games, dan Annual Meeting IMF - WorldBank terbukti efektif bangun kepercayaan diri bangsa.

“Pada tahun 1955, Indonesia hadir sebagai bangsa pelopor. Hanya dalam waktu kurang dari 6 tahun setelah berjuang mendapatkan kedaulatan politik secara penuh, Indonesia mengguncangkan dunia melalui Konferensi Asia Afrika yang menelorkan Dasa Sila Bandung," kata Hasto dalam rilisnya, Senin.
 
Menurut dia, semangat yang sama kini dirasakan bangsa Indonesia saat ini.
 
“Ditengah kritik yang sangat deras, bahkan lebih deras dari air terjun Niagara, Pak Jokowi tetap menunjukkan kualifikasi kepemimpinan yang terus bekerja," kata Hasto.
 
Dia mengatakan Presiden Joko Widodo telah berhasil menyelenggarakan tiga even internasional dengan baik, sementara lawan politiknya dalam Pilpres 2019, masih mengandalkan retorika. 
 
"Terima kasih Pak Jokowi atas kerja untuk nama harum bangsa,” kata Hasto.
 
PDI Perjuangan melihat keberhasilan tersebut bukan kebetulan. 
 
“Bangsa Indonesia sebenarnya bangsa pejuang. Laksamana Laut Perempuan Pertama di Dunia, Malahayati mampu mengalahkan Cornelis de Houtman; demikian halnya arek-arek Suroboyo mampu menewaskan Brigjen Mallaby," katanya.  
 
Dalam perspektif sejarah, abad kedelapan ini telah menghasilkan capaian peradaban yang luar biasa melalui Candi Borobudur. 
 
"Kini masih ada saja pemimpin yang selalu meneriakkan energi negatif bahwa Indonesia mau bubar, bahwa ekonomi bangsa adalah kebodohan. Lalu dimana kesadaran sejarah dan nasionalisme pemimpin seperti ini," katanya.
 
Hasto mengatakan Bangsa Indonesia memerlukan pemimpin yang uji banting; tetap rendah hati hadapi kritik dan terus bekerja untuk kebesaran bangsanya. 
 
“Bayangkan saja, mereka yang mohon maaf dikategorikan difabel saja mampu membawa nama harum bangsa dan memersembahkan 37 emas dengan peringkat ke 5. Mereka memahami semangat ability dan rasa cinta pada bangsanya sebagai energi juang yang menyala-nyala," katanya.
 
Hasto juga menilai bahwa para pemimpin bangsa ini sudah selayaknya belajar dan mengambil inspirasi dari Asian Para Games.
 
“Para atlet justru menjadi sempurna dalam keterbatasan. Inilah inspirasi Indonesia: menjadi pelopor bagi tatanan dunia baru yang lebih makmur dan berkeadilan,” katanya.

Pewarta: Joko Susilo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018