Sejauh ini tidak ada kendala ...
Jakarta (ANTARA News) - Pihak Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya menyebutkan hari pertama uji coba tilang elektronik berlangsung tanpa kendala di sepanjang Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman Jakarta Pusat, Senin (1/10).

"Sejauh ini tidak ada kendala," kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Komisaris Besar Polisi Yusuf di Jakarta,  Selasa.

Yusuf mengatakan petugas mengujicobakan tilang elektronik sebagai tahapan sosialisasi selama sebulan kepada pengendara yang melintasi Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman.

Sementara itu, Kepala Subdirektorat Pembinaan dan Penegakkan Hukum Ditlantas Polda Metro Jaya Ajun Komisaris Besar Polisi Budiyanto menuturkan petugas telah memasang rambu-rambu "portable" terkait uji coba tilang elektronik masing-masing dua rambu di Bundaran Senayan dan Simpang Sarinah.

"Rencana sore (Selasa) ini akan dipasang Harmoni dan Patung Kuda," tutur Budiyanto.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya mulai mengujicobakan pemberlakuan tilang elektronik dengan memasang beberapa kamera tersembunyi di Jalan MH Thamrin-Jalan Jenderal Sudirman pada 1 Oktober.

Uji coba tilang elektronik tersebut mengandalkan kamera pemantau berteknologi canggih yang mampu menangkap layar (capture) nomor polisi kendaraan secara jelas dan memiliki resolusi tinggi buatan Tiongkok.

Diungkapkan Yusuf, kamera pemantau itu secara otomatis mencari dan menangkap layar identitas kendaraan yang melanggar lalu lintas.

Kemudian data pengendara yang melanggar itu terkirim ke database server milik Polda Metro Jaya yang selanjutnya petugas akan mengkonfirmasi melalui surat atau telepon seluler pemilik kendaraan itu untuk memberitahukan surat bukti pelanggaran (tilang).

Sejauh ini, Yusuf mengungkapkan sejumlah kamera pengawas telah tersedia dan diujicobakan, selanjutnya alat tersebut akan dipasang pada persimpangan sepanjang Jalan Thamrin-Jalan Sudirman.

Pada tahap awal, Yusuf menuturkan pihak kepolisian akan mensosialisasikan pemberlakuan tilang elektronik selama satu bulan sebelum dilakukan penindakan atau penegakkan hukum.

Baca juga: Pengamat: Tilang elektronik dapat kurangi laka lantas
Baca juga: Polisi uji coba tilang elektronik khusus plat "B"


Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018