Kami pemerintah Jakarta Barat mengimbau pada semua pihak, warga, jadilah suporter yang baik. Jangan melakukan tindakan-tindakan kekerasan yang dapat menimbulkan bahaya bagi semua pihak
Jakarta (ANTARA News) - Pelaksana harian Wali Kota Jakarta Barat M.Zen menyayangkan aksi pengeroyokan oleh oknum suporter Persib Bandung kepada suporter Persija Jakarta asal Kelurahan Cengkareng Timur, Kecamatan Cengkareng bernama Haringga Sirila, hingga menyebabkan korban tewas di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Bandung, Minggu.

"Memang yang namanya pertandingan itu kan dalam rangka mencari kader-kader, juga meningkatkan persahabatan. Tapi, suporter itu seharusnya benar-benar bisa menjadi suporter yang positif," ujar ujar M.Zen di rumah duka Haringga Sirila, Jalan Bangunusa No 8, RT 13 RW 3 Cengkareng Timur, Cengkareng, pada Senin.

M.Zen di kesempatan yang sama menghimbau masyarakat untuk tidak melakukan tindak kekerasan, terutama yang seringkali dilakukan oleh suporter sepak bola.

"Kami pemerintah Jakarta Barat mengimbau pada semua pihak, warga, jadilah suporter yang baik. Jangan melakukan tindakan-tindakan kekerasan yang dapat menimbulkan bahaya bagi semua pihak," lanjutnya.

Baca juga: Polisi Selidiki Kasus Suporter Tewas

Untuk kedepannya, M.Zen mengatakan pihaknya berupaya melakukan langkah antisipasi demi menjaga ketertiban dan keamanan umum di wilayah Jakarta Barat.

Sementara itu, Pemkot Jakbar sudah mempersiapkan perihal pemakaman Haringga setibanya di rumahnya. Namun karena pihak orang tua dan kerabatnya memutuskan untuk memakamkannya di Jatibaring, Indramayu, M.Zen mengatakan akan membantu keluarganya mengurus surar-surat yang berhubungan dengan kematian Haringga.

"Kemudian kami berjanji nanti sekembalinya keluarga duka ke sini, kita akan ke sini lagi. Kita akan berikan seperti bantuan uang duka untuk mengurangi beban-beban keluarga," tambahnya.

Selanjutnya, M. Zen atas nama Pemkot Jakbar menyampaikan duka cita mendalam bagi keluarga korban.

"Meninggalnya Haringga di Bandung dan untuk keluarga besar almarhum, mudah-mudahan keluarga diberikan kesabaran dan ketabahan atas cobaan ini. Kami atas nama Pemerintah Kota Jakarta Barat juga menghimbau kepada seluruh keluarga, tentunya ini menjadi pelajaran bagi kita semua dan jangan sampai kejadian seperti ini terulang lagi," tandasnya. 

Baca juga: Menpora berbelasungkawa untuk suporter tewas Persija


 

Pewarta: Devi Nindy Sari Ramadhan
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018