Saya sampaikan Jakarta menyambut baik dan ingin program-program untuk lansia dapat disesuaikan dengan kondisi saat ini
Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan Kegiatan Temu Konsultasi Komisi Daerah (Komda) Lanjut Usia se-Jawa dan Bali 2018 dilakukan untuk meninjau kembali program pemerintah terhadap masyarakat lanjut usia (lansia).

"Komisi daerah lansia se-Jawa dan Bali melakukan peninjauan ulang atas program pemerintah terhadap masyarakat lansia. Saya sampaikan Jakarta menyambut baik dan ingin program-program untuk lansia dapat disesuaikan dengan kondisi saat ini," ujarnya, di Jakarta, Jumat.

Anies melanjutkan,  ada tiga hal penting terkait program untuk lansia, yaitu pertama, adanya peningkatan jumlah masyarakat lansia karena harapan hidup yang meningkat.

Kedua, adanya program jaminan dari institusi swasta yang harus dikoordinasikan dengan baik.

"Ketiga, kita juga menyaksikan pelebaran ketimpangan sehingga potensi kendala sejahtera lansia yang jumlahnya makin besar di masyarakat dimasa depan. Harapannya peraturan yang ada sekarang ditinjau ulang agar lebih sesuai nantinya," jelas Anies.

Sementara itu, anggota Komda Lansia DKI Jakarta, Eri Chajaridipura mengatakan pihaknya memperjuangkan agar Undang-Undang Nomor 13 tahun 1998 tentang kesejahteraan lansia direvisi.

Eri berharap para lansia tidak menjadi beban, melainkan menjadi potensi untuk berproduksi. Para lansia diharapkan tidak berdiam diri dan ikut berjuang serta membangun.

"Dilihat dari segi demografi, pertambahan penduduk menjadi bonus, sama halnya dengan usia lanjut menjadi bonus apabila diberdayakan," kata Eri.

Baca juga: Anies siapkan program khusus untuk warga lansia

 

Pewarta: Tessa Qurrata Aini
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2018