Yogyakarta (ANTARA News) -  Delegasi Sidang Umum Dewan Perempuan Internasional (ICW) ke-35 dijadwalkan menanam pohon dalam rangkaian acara kunjungan ke Balai Ekonomi Desa atau Balkondes binaan BUMN di kawasan Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara Sidang Umum ke-35 ICW, Hadriani Uli Silalahi, para delegasi akan bertolak dari hotel Grand Inna Malioboro Yogyakarta, tempat dimana sidang umum tersebut diselenggarakan, pada Selasa (18/9) pukul 6:30 pagi, untuk menuju Magelang.
     
Uli mengatakan bahwa para delegasi akan diberi kesempatan untuk menikmati suasana Balkondes dan area Taman Wisata Candi Borobudur yang merupakan salah satu destinasi wisata unggulan di Indonesia.
     
"Lalu disana mereka juga akan menanam pohon," lanjutnya.
     
Sebelumnya, Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno memperkenalkan program Balkondes yang dicanangkan oleh BUMN kepada delegasi saat memberikan sambutan pada hari pertama acara tersebut.
     
"Saya mengundang anda semua untuk datang dan mengunjungi program kami, Balkondes yang merupakan program ekonomi desa," kata Menteri Rini.
     
Menurut Rini,  Balkondes merupakan program BUMN yang bertujuan untuk memajukan kehidupan masyarakat desa di sekitar area Taman Wisata Candi Borobudur di Magelang, Jawa Tengah.

 "Pada saat saya berkunjung ke sana, saya berkeliling ke desa-desa di area Candi Borobudur dan saya melihat bahwa masih miskin sekali, padahal kita memiliki peninggalan yang sungguh indah dan orang dari seluruh dunia datang ke sini, bagaimana mungkin masyarakat di sekitarnya tidak mendapatkan manfaatnya?," kata Rini.
     
Berangkat dari hal tersebut, akhirnya BUMN membuat fasilitas 'homestay' di desa-desa tersebut sebagai bagian dari program tanggung jawab sosial perusahaan.
     
Ada 20 desa yang dijadikan tuan rumah dari Balai Ekonomi Desa dan masing-masing Balkondes disponsori oleh BUMN yang berbeda.
     
Desa-desa itu termasuk desa Karangrejo, Karanganyar, Ngadiharjo, Candirejo, Bumiharjo, Sambeng, Kenalan, Borobudur, Wringinputih dan Wanurejo. Ada pula desa Bigaran, Kebonsari, Tuksongo, Ngargogondo, Tegalarum, Tanjungsari, Giripurno, Kembanglimus, Giritengah dan Majaksingi.
     
Berbagai BUMN yang terlibat dalam mengelola Balkondes di desa-desa tersebut termasuk Perusahaan Gas Negara, Bank BTN, Perusahaan Listrik Negara, PT Semen Indonesia, PT Pembangunan Perumahan, Pupuk Indonesia, Bank Mandiri, Taman Wisata Candi Ratu Boko, Prambanan dan Borobudur , PT Pertamina, Bank BNI, Angkasa Pura I, Hutama Karya, Telkomsel, Pegadaian, Angkasa Pura II, Bank BRI, PT Perkebunan Nusantara III, Patra Jasa, Jasa Raharja serta Jasa Marga.

Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia diselenggarakan oleh ICW, Kowani (Kongres Wanita Indonesia), dan didukung penuh oleh Kementerian BUMN dan 35 BUMN, termasuk Kantor Berita Antara, yang berpartisipasi langsung menyukseskan dua pertemuan tersebut.
     
Turut hadir dalam acara pembukaan Presiden ICW Kim Jungsook, istri Gubernur DI Yogyakarta GKR Ratu Hemas, Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo,  Wakil Gubernur DI Yogyakarta KGPAA Paku Alam X, serta jajaran pimpinan ICW.

Baca juga: Menteri BUMN perkenalkan Balkondes kepada delegasi ICW

Pewarta: Aria Cindyara
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2018