Bandung (ANTARA News) - KPUD Jawa Barat menyatakan Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan (DPSHP) di Jawa Barat untuk Pemilu 2019 berkurang dari DPT yang ditetapkan akhir Agustus 2018 sebanyak 154.846 pemilih.

"Saat DPT ditetapkan, jumlah pemilih sebanyak 32.636.846 dan berubah menjadi 32.482.000 setelah diperbaiki," Ketua KPUD Jawa Barat, Yayat Hidayat, dalam siaran persnya, Sabtu.

Hal itu, kata dia, diketahui saat Rapat Pleno Rekapitulasi Daftar Pemilih Tetap Hasil Perbaikan di Aula Setia Permana Jalan Garut Kota Bandung, rapat tersebut dihadiri Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat beserta perangkatnya, Ketua KPU Kabupaten/Kota, pimpinan parpol, dan calon anggota DPD

Yayat mengatakan pihaknya sangat memperhatikan setiap rekomendasi dari Badan Pengawas Pemilu dan peserta Pemilu. "Intinya adalah untuk mewujudkan data pemilih yang valid," katanya.

Sementara itu Ketua Badan Pengawas Pemilu Jawa Barat, Wasikin Marzuki, menegaskan, jajarannya di seluruh kabupaten/kota menemukan sejumlah data bermasalah dan langsung melakukan perbaikan.

Sejalan dengan itu, ia pun menyampaikan rekomendasi ke KPU Jawa Barat, antara lain mengantisipasi pemilih pemula dan mendeteksi pernikahan dini. "Khusus untuk Disdukcapil, perhatikan warga yang belum memiliki KTP elektronik," ujarnya.

Pewarta: Ajat Sudrajat
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018