Yogyakarta (ANTARA News) - Menteri BUMN Rini Soemarno duduk diapit oleh Presiden ICW (International Council of Women) Jungsook Kim dan istri Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta GKR Ratu Hemas dalam pembukaan Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia, di Yogyakarta, Kamis.

Mereka duduk di barisan depan. Tampak pula di sebelah kiri Ratu Hemas adalah Ketua Umum Kowani (Kongres Wanita Indonesia) Giwo Rubianto Wiyogo dan Wakil Gubernur DIY KGPAA Paku Alam X.  Sementara di sebelah kanan Kim adalah jajaran pimpinan ICW.  
   
Pendopo Balkondes (Balai Ekonomi Desa) yang menjadi tempat acara pembukaan di halaman Hotel Grand Inna Malioboro itu dipenuhi oleh ribuan peserta dua pertemuan yang diselenggarakan secara bersamaan itu.
     
Mereka tampil semarak warna-warni dengan berbagai model busana kebaya, bahkan ada yang mengenakan burung cendrarawasih yang telah diawetkan sebagai topi penghias kepala. Delegasi dari luar negeri ada juga yang mengenakan pakaian khas dari negara mereka dan banyak pula yang mengenakan batik. 

Sidang Umum ke-35 ICW dan Temu Nasional Seribu Organisasi Perempuan Indonesia diselenggarakan oleh ICW, Kowani (Kongres Wanita Indonesia), dan didukung penuh oleh Kementerian BUMN dan 35 BUMN, termasuk Kantor Berita Antara, yang berpartisipasi langsung menyukseskan dua pertemuan tersebut.
   
"Ini pertama kalinya Kowani mengadakan acara yang dihadiri oleh seribu organisasi perempuan di Indonesia," kata Ketua Umum Kowani Giwo Rubianto Wiyogo.
     
Giwo dalam sambutannya juga mengutip pernyataan mantan Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) Kofi Anan yang menyebutkan saat anda mendidik seorang pria maka itu untuk personal tetapi saat anda mendidik perempuan maka anda sedang mendidik sebuah bangsa.
     
Hadir pula pada acara itu Duta Besar Republik Federasi Rusia untuk Republik Indonesia Lyudmila Vorobieva, Duta Besar Republik Islam Afghanistan Roya Rahmani,  dan Dubes Republik Fiji Seleina Dikawakawayali Veisamasama.

Pewarta: Budi Setiawanto
Editor: Gusti Nur Cahya Aryani
Copyright © ANTARA 2018