Jakarta (ANTARA News) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, mengimbau kepada panitia bulan dana PMI untuk dapat menciptakan terobosan atau cara-cara inovatif dan kreatif dalam menghimpun dana dari sumber lain.
     
Seperti memanfaatkan perhelatan turnamen olahraga, gala dinner dalam bentuk malam dana, konser musik, event promosi/pameran atau sumber-sumber lain yang dianggap potensial. 
     
"Pelaksanaan Bulan Dana PMI Tahun 2018 diharapkan dapat menciptakan jejaring yang baik dengan stakeholder dalam rangka penggalian sumber dana PMI," kata Anies di Balaikota DKI Jakarta, Jumat.
     
Bulan Dana PMI Tahun 2018 yang berlangsung mulai tanggal 1 September sampai 30 November.
      
Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, disebutkan pendanaan PMI, diperoleh dari donasi masyarakat yang tidak mengikat, dan sumber dana lain yang sah sesuai ketentuan peraturan perundang-undangan.
     
Pemerintah Pusat dan Pemerintah Daerah melalui APBN dan/atau APBD.
     
Untuk itu, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP) Provinsi DKI Jakarta telah menerbitkan Izin Penyelenggaraan Pengumpulan Uang/Barang pada tanggal 6 Agustus 2018, katanya 
      
"Dana yang terkumpul tersebut akan dikembalikan lagi kepada masyarakat dalam berbagai bentuk pelayanan," kata Gubernur.
   
 Antara lain kegiatan bakti sosial, pelayanan dapur umum dan evakuasi untuk korban bencana, pembinaan generasi muda melalui wadah PMR dan pembinaan kader sukarelawan.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018