Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani menerima kunjungan Wakil Perdana Menteri China yang baru Sun Chunlan di Kantor Kemenko PMK Jakarta Minggu. 

Dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Minggu, pertemuan tersebut membahas persiapan High Level Meeting People to People Exchange Mechanism (HLM-PEM) kedua negara yang ke-4 akan diselenggarakan di China.

Menko Puan mengucapkan selamat atas penunjukan Sun Chunlan sebagai Wakil Perdana Menteri China yang diangkat pada Maret 2018. Pemerintah Indonesia, kata Puan, menyampaikan penghargaan setinggi-tingginya atas kehadiran Sun Chunlan sebagai Utusan Khusus Presiden China Xi Jinping untuk menghadiri Upacara pembukaan Asian Games XVIII di Jakarta. 

"Terima kasih atas dukungan China selama ini terhadap suksesnya penyelenggaraan Asian Games 2018 di Indonesia,” kata Puan. Ia meyakini, bahwa ajang Asian Games akan kian mengeratkan persahabatan antar negara-negara di Asia termasuk Indonesia dengan China.

Indonesia dan China melalui HLM-PEM telah melakukan peningkatan intensitas kerja sama pendidikan. Tercatat ada sekitar 14.000 mahasiswa Indonesia di China pada tahun 2017 dengan tren peningkatan setiap tahun. 

Pemerintah juga mengundang partisipasi mahasiswa China pada berbagai program beasiswa Indonesia seperti Beasiswa Sosial Budaya Indonesia (BSBI) dan program pertukaran pelajar. 

Kerja sama lainnya adalah dalam bidang riset dan teknologi di mana pemerintah mendorong  implementasi kerja sama yang tertuang di dalam 2018-2020 Plan of Action on Science, Technology, and Innovation Cooperation. 

Kerja sama juga termasuk mendukung pelaksanaan program pertukaran ilmuwan muda melalui Talented Young Scientist Program (TYSP) yang memfasilitasi peneliti-peneliti muda Indonesia untuk memperoleh kesempatan kerja lapangan dan riset bersama para peneliti China.

Pemerintah Indponesia berharap dapat melakukan peningkatan kerjasama industri kreatif dengan mendorong pembentukan kelompok kerja bersama antara Indonesia dan China di sektor industri kreatif. Selain itu juga mendukung peningkatan kolaborasi para sineas kedua negara dalam produksi film bersama dan pengarsipan film.

Pewarta: Aditya Ramadhan
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018