Bandung, Jawa Barat (ANTARA News) - Presiden Joko Widodo bertanya langsung kepada anggota Bintara Pembina Desa (Babinsa) yang menghadiri apel besar di hanggar PT Dirgantara Indonesia di Bandung, Selasa, untuk memastikan mereka sudah mendapat kenaikan tunjangan kinerja pada Juli.

"Setahun yang lalu saya perintahkan Menkeu untuk disiapkan anggaran untuk tunjangan kinerja Babinsa mulai Juli ini. Saya enggak tahu apakah sudah diterima kenaikan kinerja Babinsa atau belum," kata Jokowi kepada 4.500an Babinsa dari seluruh Indonesia.

Ia mengatakan pemerintah sudah menaikkan tunjangan Babinsa Tipe A dari Rp104 ribu per bulan menjadi Rp900 ribu per bulan dan Babinsa Tipe B dari Rp440 ribu per bulan menjadi Rp1,2 juta per bulan. Tunjangan tersebut akan dibayarkan tiga bulan sekali.

Ketika Presiden bertanya kepada anggota Babinsa yang memadati hanggar apakah mereka sudah menerima kenaikan tunjangan, mereka menjawab "Sudaaah..."

"Benar sudah diterima? Karena catatan seperti ini perlu saya konfirmasi. Sehingga saya tanya tadi sudah diterima belum," katanya.

Presiden mengatakan Babinsa merupakan garda terdepan dalam menjaga keamanan seluruh teritorial Indonesia, karenanya pemerintah mengapresiasi pengabdian mereka dengan menaikkan tunjangan mereka.

Babinsa di desa-desa, ia menuturkan, tidak hanya menjaga keamanan wilayah namun juga mendukung pembangunan infrastruktur, pertanian, serta pendidikan di daerah terpencil.

"Kerja keras semuanya dan ikut membangun negara ini, terutama memberikan kestabilan politik dan keamanan, sangat diperlukan bagi cepatnya pembangunan di negara kita," kata dia.

Baca juga: Presiden: pendapatan operasional Babinsa naik 771 persen
Baca juga: KSAD sambut baik kenaikan pendapatan operasional Babinsa
 

Pewarta: Asep Firmansyah
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018