Masyarakat hanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp5 ribu,"
Padang (ANTARA News) - Pegadaian Cabang Padang berpendapat bahwa masyarakat ibu kota Sumatera Barat mulai menyukai program Gadai Tanpa Bunga atau Gadai Prima, produk yang diluncurkan pada tahun ini.

"Kami melakukan sosialisasi program ini sejak awal Juni 2018 dan hingga saat ini jumlah nasabahnya mencapai 100 orang," kata Asisten Manajer Operasional Pegadaian Cabang Padang Hendra YA di Padang, Jumat.

Pihaknya terus melakukan sosialisasi di kantor cabang dan sembilan kantor unit di Kota Padang agar masyarakat dan nasabah menggadaikan barang melalui program ini.

Ia mencontohkan setiap nasabah yang akan menggadaikan barang dengan nilai di bawah Rp1 juta akan ditawari program tersebut. Program ini dibuat untuk memudahkan masyarakat yang membutuhkan dana untuk usaha kecil.

"Selain itu, sosialisasi kami lakukan dengan demo masak di kompleks perumahan dengan target para ibu rumah tangga yang dirangkul untuk membuka usaha kecil," katanya.

Gadai Prima ini menawarkan dana maksimal sebesar Rp500 ribu kepada masyarakat dengan jaminan barang, tanpa bunga.

"Masyarakat hanya dikenakan biaya administrasi sebesar Rp5 ribu," kata dia.

Masyarakat yang ingin mendapatkan program ini cukup datang ke Kantor Cabang atau Unit Pegadaian dengan membawa foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) sebagai syaratnya.

Namun dalam satu keluarga hanya diperbolehkan satu orang menggunakan program ini.

Program ini bertujuan untuk membantu masyarakat berpenghasilan rendah sekaligus mereka yang membutuhkan dana kecil.

"Untuk menebus barang gadai, nasabah diberi waktu dua bulan untuk melunasi pinjaman dari Gadai Prima," kata dia.

(KR-MRO/A013)

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018