Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto mengatakan pengangkatan Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional Komjen Polisi Mochamad Iriawan sebagai Penjabat Gubernur Jawa Barat semata ditujukan untuk menyukseskan pelaksanaan pemilihan kepala daerah 2018.

"Orientasinya hanya ingin melakukan suatu langkah-langkah yang mendukung pemilu suskes di Jawa Barat. Jadi itu tidak perlu dipermasalahkan," kata Wiranto di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan, Jakarta, Jumat.

Ia membantah tuduhan bahwa pemerintah memiliki tujuan politik dalam penunjukan perwira tinggi Polri tersebut sebagai penjabat gubernur Jawa Barat.

"Misalnya, kalau ada kecurigaan dipasang di sana untuk memenangkan calon polisi, saya kira pemikiran itu salah. Karena toh sekarang hasil surveinya sangat di bawah, dalam waktu seminggu enggak mungkin didongkrak sampai menang," kata dia.

"Maaf ya, saya berbicara seperti ini karena harus blak-blakan, jangan sampai muncul kecurigaan seperti itu," ia menambahkan.

Mantan Panglima TNI itu juga menekankan bahwa penunjukan Iriawan telah dilakukan sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Intinya, adanya pengalaman Beliau dan keahlian Beliau, maka pantas untuk punya kualitas mengamankan daerah Jabar, agar dalam pelaksanaan pemilu ini tetap aman, kondusif dan masyarakat bisa memilih dengan tenang, dengan baik," kata dia.

Baca juga: Presiden: pengangkatan Iriawan sudah lalui tahap pengkajian
Baca juga: Mendagri: Komjen Iriawan memenuhi syarat sebagai Pj Gubernur Jabar

 

Pewarta: Agita Tarigan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018