Karawang (ANTARA News) - Sejumlah pemudik yang akan kembali ke Jakarta melalui Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) mengeluhkan kurangnya tempat peristirahatan (rest area) di sepanjang tol tersebut.

Salah seorang pengendara yang baru saja mudik dari Kuningan, Jawa Barat, Muslim (42) mengharapkan nantinya akan lebih banyak "rest area" di sepanjang Tol Cipali sehingga dapat menampung pengendara yang ingin beristirahat dan juga dapat mengurai macet

Ia bersama keluarganya akhirnya memilih Rest Area KM 62 di Tol Cikampek karena rest area di Tol Cipali penuh, bahkan sejumlah pengendara terlihat memarkir kendaraannya di bahu jalan untuk beristirahat sejenak.

"Saran saya, rest area-nya diperbanyak. Yang di Cipali sangat kecil, tidak menampung. Kita sempat masuk di rest area KM 130, tapi karena penuh akhirnya keluar lagi," ujar pria yang berprofesi sebagai guru SMP itu saat ditemui di Rest Area KM 62, Karawang, Jawa Barat.

Senada dengan Muslim, Kardila (36), pemudik asal Cirebon, juga memilih untuk beristirahat di Rest Area KM 62 Tol Cikampek karena minimnya rest area di Tol Cipali.

"Rest area masih kurang ya. Kalau bisa rest areanya segede ini juga lah. Lebih lengkap dan nyaman," ujar Kardila.

Saat ini, terdapat total delapan rest area di sepanjang Tol Cipali, yaitu sebanyak empat rest area untuk ruas tol ke arah Timur yaitu di KM 86, KM 102, KM 130, dan KM 166.

Sedangkan empat rest area di ruas tol arah barat yaitu di KM 86, KM 101, KM 130, dan KM 164.

Baca juga: Menhub: rest area di tol Cipali harus ditambah

Baca juga: Kapolda Jabar ingin rest area Tol Cipali diperbanyak


Sebelumnya, Kapolda Jabar Irjen Pol Agung Budi Maryoto, juga sempat mengatakan, jumlah rest area di Tol Cipali yang merupakan salah satu rute arus mudik lebaran, sebaiknya memang ditambah untuk menghindari penumpukan di jalan tol akibat antrean masuk ke rest area.

Kendati demikian, kedua pemudik tersebut mengapresiasi pengaturan lalu lintas yang dilakukan oleh PT Jasa Marga dan pihak kepolisian, yang memberlakukan sistem satu arah (one way) dan juga sistem lawan arus (contraflow) di Tol Cikampek sehingga kemacetan parah saat arus balik dapat diminimalisir.

Namun, walau sudah diberlakukan sistem tersebut, kedua pemudik itu lebih memilih pulang ke Jakarta via tol Cikampek pada Kamis pagi, setelah lalu lintas relatif lebih sepi.

"Sebenarnya saya rencana mau balik ke Jakarta tadi malam, tapi karena teman saya yang di travel bilang macet parah, saya milih pulang pagi ini aja," ujar Kardila.

"Kalau saya, karena sudah pantau dari tv tadi malam macet, baru tadi subuh kami berangkat," kata Muslim.

Baca juga: Operator Cipali akui "one way" tidak merugikan

Baca juga: Lokasi jelang tempat istirahat picu kepadatan tol Jakarta- Cikampek

Pewarta: Citro Atmoko
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2018