Jakarta (ANTARA News) - Momen berkumpul bersama tentu sayang jika tidak diabadikan dalam foto, dengan kamera maupun ponsel.

Sayangnya, sering kali karena terlalu asyik berfoto, Anda tidak memperhatikan kapasitas ponsel sehingga lekas penuh. Padahal, Anda belum puas berfoto.

Simak tips berikut ini agar momen berkumpul bersama keluarga dan teman atau libur Lebaran tidak terlewat.

1. Kosongkan galeri foto
Jika berniat untuk berkumpul bersama keluarga, atau pergi berlibur saat Lebaran, pastikan storage sudah bersih dari foto-foto yang tidak diperlukan. Ada baiknya Anda mengosongkan galeri foto sebelum Lebaran, hapus foto yang tidak disukai, pindahkan foto pilihan ke tempat penyimpanan lain, misalnya laptop.

2. Pilih foto terbaik
Saat berfoto, sering kali Anda mengambil beberapa shot dan belum tentu semuanya disukai. Pilih satu atau beberapa foto yang disukai dari setiap momen untuk disimpan sendiri. Cara ini cukup menghemat penyimpanan di ponsel karena Anda tidak perlu menyimpan beberapa foto yang mirip sekaligus.

3. Unggah ke media sosial
Media sosial, misalnya Facebook, Instagram, Tumblr, Pinterest dapat dimanfaatkan untuk menyimpan foto-foto Anda, namun, perlu diketahui beberapa jejaring sosial tidak menyediakan pengaturan privat sehingga foto yang diunggah akan dapat dilihat oleh pengikut.

Keuntungannya, jika orang-orang yang berada dalam foto memiliki akun di media sosial yang sama, Anda tidak perlu mengirimi foto satu per satu pada mereka, cukup “tag” dan masing-masing dari mereka akan mendapatkan akses ke foto tersebut.

Selain menghemat waktu, Anda juga menghemat kuota karena tidak perlu mengirimkan foto ke banyak orang. Kerugiannya, foto Anda mungkin masuk ke ruang publik atau Anda hari itu membanjiri lini masa dengan foto.

4. Simpan di cloud
Layanan komputasi awan sangat berguna untuk menyimpan foto agar ponsel tidak penuh, Anda bisa memanfaatkan layanan seperti Google Photos, iCloud untuk iOS, Dropbox dan lainnya.

Pilih foto terbaik menurut Anda, atau yang sudah disepakati jika ingin dibagikan, kemudian unggah ke cloud. 

Anda cukup mengirimkan tautan ke orang-orang yang ada di di dalam foto, tidak perlu mengirimkan foto satu per satu.

5. Bawa penyimpanan cadangan
Jika Anda memang hobi memotret dan merasa kapasitas penyimpanan di ponsel selalu kurang, tidak ada salahnya membawa penyimpanan cadangan agar semua foto yang diinginkan dapat tertampung.

Pilih penyimpanan cadangan yang mudah dibawa dan tidak memberatkan, misalnya kartu memori atau flashdisk OTG. Simpan kartu memori dan OTG di kantung khusus, atau dompet, supaya tidak tercecer.
 

Pewarta: Natisha Andarningtyas
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018