Jayapura (ANTARA News) - Aksi pembakaran dan kericuhan Kamis (24/5) terjadi di Enarotali, ibukota Kabupaten Paniai, diduga dilakukan massa pendukung Plt Bupati Yohanis Youw yang menolak penetapan carateker bupati Musa Isir.

Musa Isir pada Rabu oleh penjabat Gubernur Papua Soedarmo dilantik sebagai carateker Bupati Paniai menggantikan plt Yohanis Youw.

Kapolres Paniai AKBP Supri Agung kepada Antara mengatakan, aksi pendukung Yohanis Youw melakukan aksi membakar mobil milik dinas kesehatan dan sejumlah aksi yang sempat membuat situasi memanas.

Sejak Rabu (23/5) para pendukung Yohanis Youw melakukan sejumlah aksi hingga menyebabkan dua mobil ludes terbakar dan satu kantor badan pengelolaan keuangan dan asset daerah (bpkad) dirusak.

"Polisi masih terus melakukan pendekatan dengan para pendukung Yohanis Youw agar tidak melakukan pengrusakan karena dapat merugikan semua pihak," kata AKBP Supriagung yang dihubungi melalui telepon selularnya dari Jayapura.

Sementara ketika ditanya tentang aksi blokade di RSUD Enarotali, Kapolres Paniai mengaku, aksi pemalangan RSUD Enarotali tidak terkait dengan aksi kelompok Yohanis Youw karena yang melakukannya adalah para tenaga medis akibat hak-hak mereka belum dibayarkan.

"Tidak ada keterkaitan antara kedua kasus," kata Kapolres Paniai seraya menambahkan, aksi demo yang mulai berlangsung Kamis (24/5) menyebabkan pelayanan kesehatan dirumah sakit tidak ada.

Namun khusus instalasi gawat darurat (IGD) tetap ada paramedia yang bertugas.

Walaupun demikian situasi di Enarotali secara keseluruhan kondusif, kata Kapolres Paniai AKBP Supriagung.

Pewarta: Evarukdijati
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018