Jakarta (ANTARA News) - Politisi Partai Golkar yang juga Menteri Sosial Idrus Marham mengaku kedatangannya ke Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) pada Senin (21/5) untuk memberikan klarifikasi tanpa pemanggilan terlebih dulu.

"Jadi memang kemarin saya ke KPK. Belum dipanggil tapi saya sudah datang. Saya berkepentingan untuk mengklarifikasi karena sebelumnya itu sudah dipanggil tapi ada penundaan," kata Idrus di Jakarta, Selasa.

KPK pada Senin memeriksa Idrus sebagai saksi untuk tersangka Fayakhun Andriadi dalam penyidikan kasus suap terkait pembahasan dan pengesahan Rencana Kerja dan Anggaran Kementerian/Lembaga (RKAKL) dalam APBN-P 2016 untuk Bakamla RI.

Nama Idrus sendiri mencuat dalam kasus Fayakhun karena disebut oleh politisi Partai Golkar lainnya, yaitu Yorrys Raweyai sesuai menjalani pemeriksaan juga sebagai saksi untuk tersangka Fayakhun.

Saat itu, Yorrys mengaku dikonfirmasi oleh KPK soal pemberian uang sebesar Rp1 miliar dari anggota DPR RI 2014-2019 dari Fraksi Golkar Fayakhun Andriadi.

Idrus mengaku berkepentingan untuk datang memberikan klarifikasi karena terkait dengan nama baiknya.

"Ketika itu saya jadi sekjen, jadi memang saya kemarin yang minta datang. Karena itu tidak ada dalam daftar, makanya saudara Febri (Jubir KPK) mengatakan tidak ada dalam daftar ya memang tidak ada dalam daftar. Saya minta hadir untuk memberikan klarifikasi banyak hal," katanya.

Idrus menjelaskan, klarifikasi yang diberikan terkait masalah anggaran. Namun ia juga mengaku saat kasus tersebut terjadi yaitu pada 2016, ia bukan lagi sebagai anggota dewan.

"Tidak ada kaitan dengan saya. Itu saja saya sampaikan kemarin. Makanya waktunya tidak lama. Saya kira secara keseluruhan 1,5 jam, sudah konfirmasi semua ke penyidik," ujar dia.

 

Pewarta: Desi Purnamawati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2018