Jakarta (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi setelah menghadiri debat terbuka Dewan Keamanan PBB di New York akan langsung bertolak dan berkunjung ke Guyana.

"Ibu Menlu (Retno Marsudi) menuju Georgetown, Guyana untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Guyana," kata Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Arrmanatha Nasir, seperti disampaikan dalam keterangan pers yang diterima di Jakarta, Jumat.

Arrmanatha menyebutkan, selama di Georgetown, Menlu Retno akan melakukan kunjungan kehormatan kepada Presiden Guyana.

Selain itu, Menlu Retno juga akan bertemu dengan sekretaris Jenderal Caricom (Carribean Community), yakni organisasi negara-negara Karibia yang memiliki 15 negara anggota dan lima anggota asosiasi.

Beberapa isu yang akan menjadi perhatian utama dalam kunjungan Menlu RI ke Guyana, antara lain peningkatan kerja sama teknis dan kerja sama ekonomi.

Dari Guyana Menlu RI akan menuju ke Buenos Aires di Argentina untuk menghadiri pertemuan Menlu G20 dan pertemuan Kelompok Negara Meksiko, Indonesia, Korea Selatan, Turki, Australia (MIKTA).

Dari Argentina Menlu RI akan menuju ke Lima, Peru untuk melakukan pertemuan bilateral dengan Menlu Peru.

Sebelumnya, Menlu RI Retno Marsudi menghadiri Debat Terbuka Dewan Keamanan PBB yang dilaksanakan di Markas Besar PBB di New York, Amerika Serikat pada Kamis (17/5).

Debat terbuka itu diselenggarakan di bawah presidensi Polandia di Dewan Keamanan PBB dan dipimpin oleh Presiden Polandia. Tercatat 12 pejabat setingkat Menteri serta 74 negara anggota PBB ikut serta dalam debat terbuka tersebut.

Baca juga: Menlu: Indonesia tidak takut pada terorisme

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018