Jakarta, 8/5 (Antara) - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, membagikan Kartu Lansia Jakarta tahap pertama pada 2018 di kawasan Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa.
     
"Jadi pagi ini, kita membagikan Kartu Lansia Jakarta tahap pertama pada 2018. Total penerima tahun ini adalah 12.141 lansia. Dan ini dilakukan secara bertahap. Kita berharap akan bisa semuanya tuntas dalam waktu yang cepat," kata Anies, di Johar Baru, Selasa.
     
Para lansia menerima Rp600.000 per bulan dan yang dibagikan sekarang ini digabungkan April dan bulan Mei.  Mereka menerima suatu Rp1,2 juta bulan ini.
     
"Penyalurannya dilakukan Bank DKI dan tadi saya sampaikan pada semua bahwa nomor satu layani orang tua ini dengan sepenuh hati. Dengan baik hati dan pastikan mereka semua bahagia dalam prosesnya. Baik kepada Dinas Sosial maupun Bank DKI," kata Gubernur.
     
Kemudian akan terus melakukan pemuktahiran data. Data yang sekarang adalah berdasarkan Basis Data Terpadu yang dikelola Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan yang digunakan, katanya.
     
"Tapi kita akan terus memperkaya untuk tahun-tahun berikutnya supaya semua orang tua, lansia yang memenuhi persyaratan tidak ada yang terlewatkan. Itu pesan utamanya," kata Anies.
     
Mereka yang terima Kartu Lansia Jakarta berusia di atas 60 tahun, tinggalnya di Jakarta, tidak memiliki penghasilan yang tetap atau miskin, sehingga tidak bisa memenuhi kebutuhan dasarnya. 
     
"Kemudian bisa juga mereka yang memiliki penyakit yang sudah menahun. Tidak bisa melakukan kegiatan dan juga warga yang terlantar. Jadi itu dia kriterianya untuk pemberian Kartu Lansia ini," kata Anies.
     
Pemberian Kartu Lansia Jakarta mulai dari mereka yang selama ini tidak ada. Jadi memang dimulainya paling bawah dulu. Nanti bertahap harapannya nanti bisa ditingkatkan lebih luas cakupannya, katanya.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2018