Palangka Raya (ANTARA News) - Anggota Komisi IV DPR RI Rahmat Nasution Hamka mendukung Polda Kalimantan Tengah untuk dinaikan tipenya dari B menjadi A karena akan berdampak pada peningkatan sumber daya manusia sekaligus pelayanan kepada masyarakat.

"Harapannya, jika Menpan-RB mengabulkan usulan Polda Kalteng, tentunya sejumlah pelayanan yang diberikan akan menjadi lebih baik dari sebelum-sebelumnya serta mempermudah urusan masyarakat," kata Hamka di Palangka Raya, Rabu.

Menurut anggota DPR RI dari daerah Pemilihan Kalteng ini, bahwa Polda Kalteng telah memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Salah satu pelayanan terbaik yakni adanya aplikasi pendaftaran penerimaan calon bintara Polri menggunakan sistem dalam jaringan (daring) melalui aplikasi android yang dibuat oleh Biro SDM Polda setempat.

Dia mengatakan, bukan hanya itu, dalam waktu dekat, Polda Kalteng juga akan meluncurkan sebuah aplikasi bagi masyarakat yang ingin melapor apabila ada kejadian yang terjadi di wilayah hukum provinsi berjuluk Bumi Tambun Bungai-Bumi Pancasila ini.

"Sistem aplikasi android yang sudah dibuat jajaran Polda Kalteng itu tentunya cukup memudahkan masyarakat?dalam mendapatkan atau menyampaikan informasi. Informasi pembuatan SIM, pembayaran Pajak kendaraan bermotor dan lain sebagainya, dengan menggunakan sistem daring," ucapnya.

Hamkan menilai, inovasi yang dilakukan Polda Kalteng tentunya wajib didukung dengan infrastruktur serta dibantu oleh pemerintah daerah setempat, yakni jaringan internet wajib ada di setiap kabupaten/kota di seluruh Kabupaten/kota agar tidak menjadi kendala dalam memberikan pelayanan.

Dalam waktu dekat ini, politisi dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) tersebut berencana berkomunikasi dengan Gubernur Kalteng Sugianto Sabran untuk berdiskusi dalam rangka memberikan dukungan terhadap peningkatan pelayanan di setiap kabupaten/kota.

Berdasarkan informasi yang dihimpun di lapangan, penilaian kenaikan tipe Polda Kalteng tidak hanya dari sistem pelayanan yang diberikan aparat kepolisian kepada masyarakat saja. Melainkan meningkatnya tindak kejahatan yang sudah berskala nasional sering terjadi di wilayah hukum Polda Kalteng.

Untuk itu, usulan naik tipe terus dilakukan pihak Polda Kalteng agar usulan tersebut segera dikabulkan. Apalagi mengingat pembangunan infrastruktur di provinsi semakin maju setiap tahun dan terus berkembang, bahkan jumlah penduduknya juga terus bertambah. Beberapa hal itu yang menjadi indikator Polda setempat untuk dinaikkan tipenya.

Pewarta: Jaya Wirawana Manurung
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018