Bandung (ANTARA News) - Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyatakan siap bekerja keras untuk menyejahterakan para nelayan di Kabupaten Tasikmalaya melalui berbagai program jika terpilih menjadi gubernur pada Pemilihan Kepala Daerah Provinsi Jawa Barat.

"Jika takdirnya terpilih, maka kami akan bekerja keras untuk mewujudkan mimpi dan harapan mereka," kata pria yang akrab disapa Emil saat dialog terbuka di Singaparna, Tasikmalaya, Senin.

Kunjungan Emil ke Tasikmalaya itu mendapatkan sambutan baik dan dukungan dari nelayan yang tergabung dalam Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tasikmalaya yang hadir dalam dialog tesebut.

Emil mengungkapkan rasa syukur telah mendapatkan dukungan dari para nelayan Tasikmalaya yang tergabung dalam HNSI sehingga menambah daftar panjang dukungan bagi pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu).

Ia menyampaikan, dirinya bersama Uu akan bekerja secara kolaborasi yaitu visi-misinya ditentukan sesuai dengan kehendak rakyat untuk menuju perubahan yang lebih baik.

"Hakikat kekuasan adalah adanya perubahan yang diinginkan rakyat, rakyat yang dulunya kesulitan oleh hadirnya kekuasaan maka dibuat mudah," katanya.

Menurut dia, pantai selatan Jawa Barat, seperti pantai pesisir Tasikmalaya memiliki potensi yang luar biasa untuk dikembangkan yakni pengembangan pelabuhan bagi nelayan, dan pemberian insentif berupa dukungan alat-alat produksi untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan.

"Rindu hadir dengan gagasan kolaboratif, untuk mewujudkan perubahan kepada nelayan agar kesejahteraan mereka meningkat," katanya.

Acara dialog tersebut, Ketua DPC HNSI Kabupaten Tasikmalaya, Dedi Mulyadi menyampaikan dukungan kepada Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dan wakilnya Uu Ruzhanul Ulum dalam Pilkada Provinsi Jawa Barat karena dianggap telah mewakili daerah Tasikmalaya.

"Visi-misinya jelas, hasil survei juga bagus, ada keterwakilan putra daerah yakni calon wakil gubernur yaitu Kang Uu, Bupati Tasikmalaya," kata Dedi.

Dedi menyampaikan, alasan HNSI Kabupaten Tasikmalaya memberikan dukungannya kepada Ridwan Kamil dan Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) karena pasangan tersebut diyakini mampu merealisasikan mimpi dan harapan para nelayan.

Organisasi yang dipimpinnya itu, kata Dedi, menitipkan mimpi dan amanatnya kepada pasangan Rindu yaitu nelayan di Kabupaten Tasikmalaya menginginkan insfrastruktur pendaratan kapal yang dangkal agar diperdalam.

Selanjutnya, kata Dedi, nelayan berharap ada Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di laut untuk memudahkan para nelayan mengisi bahan bakar saat berada di tengah laut sehingga proses pencarian ikan tidak terkendala karena kehabisan BBM dan berharap pasangan Rindu meningkatkan kualitas pelabuhan pendaratan.

"Para nelayan juga meminta agar dapat difasilitasi bertemu dengan Kementerian Kelautan untuk menyampaikan beberapa aturan yang dianggap memberatkan nelayan," kata Dedi.

Pewarta: Feri Purnama
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018