Jakarta (ANTARA News) - Perintis Kedutaan Besar RI untuk Qatar yakni Eddy Satrio Suryodiningrat meninggal dunia pada Minggu, 1 April 2018 sekitar pukul 19.49 WIB.

Septasari, kerabat Eddy Suryodiningrat, di rumah duka Jakarta, Senin, mengatakan Eddy meninggal dunia pada usia 79 tahun karena sakit.

"Beliau sakit komplikasi, saat dibawa ke rumah sakit kemarin sempat di CT scan hasilnya ada cairan dan agak bengkak di otak kemungkinan karena tekanan darah tinggi. Beliau memang pernah mengalami stroke beberapa tahun lalu," katanya.

Eddy S. Suryodiningrat yang juga ayahanda Dirut Perum LKBN Antara Meidyatama Suryodiningrat menghembuskan napas terakhirnya di UGD RS Suyoto dan sempat menjalani operasi tulang panggul karena jatuh.

Jenazah almarhum kemudian disemayamkan di rumah duka Kompleks Deplu Pondok Aren Jalan Caraka Raya Blok A IV Nomor 17 Tangerang.

Rencananya Eddy akan dimakamkan pada Senin, 2 April 2018 selepas shalat dhuhur di TPU Tanah Kusir, Jakarta Selatan.

Semasa hidupnya Eddy turut serta merintis dibukanya Kedutaan Besar Republik Indonesia di Doha, Qatar yang tepatnya didirikan pada 22 Juni 1999.

Ketika itu, Eddy Satrio Suryodiningrat menjabat sebagai Kuasa Usaha Tetap.

Ia merintis hubungan bilateral kedua negara hingga pada 12 Desember 2003 Kedutaan Besar Republik Indonesia di Doha, Qatar, resmi dipimpin oleh Duta Besar Luar Biasa dan Berkuasa Penuh.

Eddy meninggalkan seorang istri, tiga anak, dan lima cucu.
 

Pewarta: Hanni Sofia dan Agus Salim
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018