Sorong (ANTARA News) - Mantan Bupati Raja Ampat, Provinsi Papua Barat, Marcus Wanma yang dikenal dengan julukan Bapak Pembangunan Raja Ampat meninggal dunia di Rumah Sakit Angkatan Laut Sorong, Sabtu.

Almarhum di mata masyarakat setempat adalah sosok panutan, karismatik, ramah, sopan, penuh tanggung jawab, dan disegani banyak pihak semasa menjadi Bupati Raja Ampat.

Sabtu sore hingga malam berbagai pejabat di wilayah Sorong Raya dan Raja Ampat datang melayat ke rumah duka di Jalan Remu Kota Sorong, sementara warga masyarakat pun menyampaikan berbelasungkawa melalui media sosial.

Ishak Wanma, angggota keluarga almarhum mengatakan, jenazah mantan Bupati Raja Ampat dua periode itu menurut rencana diberangkatkan dari Sorong dengan menggunakan kapal menuju Raja Ampat, Minggu (25/3) untuk dimakamkan di tanah kelahirannya, Kabupaten Raja Ampat pada Senin, esok harinya

Sejarah mencatat Marcus Wanma sangat berjasa bagi kemajuan pembangunan Kabupaten Raja Ampat terutama di bidang pariwisata semasa menjabat Bupati Raja Ampat selama 10 tahun.

Sebuah buku karya Ayu Arman yang diterbitkan Aura Publishing tahun 2009 dengan judul "Pengantar Raja Ampat ke Pentas Dunia" menceritakan perjuangan Marcus Wanma dalam mempromosikan Raja Ampat sehingga kepariwisataan bahari di kabupaten tersebut terkenal di dunia sampai saat ini.

Pewarta: Ernes Broning Kakisina
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2018