Jakarta (ANTARA News) - Seiring semakin  meningkatnya kesadaran masyarakat soal kesehatan, maka semakin tinggi pula perhatian mereka pada makanan sehat, salah satunya yang tergolong superfood.  

"Sekarang ini masyarakat dunia menjadi lebih memilih ketika membeli sesuatu. 1 dari 2 orang membaca ingredients dan 7 dari 10 orang ingin tahu dan memahami ingredients dalam makanan mereka," ujar Head of Innovation Development Center Kalbe Nutritionals, Yunawati Gandasasmita di Jakarta, Rabu. 

Dia memprediksi ada sejumlah superfood yang akan menjadi tren dalam beberapa tahun mendatang, yakni pomegranate (delima), alang-alang, manggis, alpukat, sirsak, blueberry, buah naga, anggur, kiwi dan stroberi dan goji berry.   

Baca juga: Enam alasan buah naga bagus untuk kesehatan

"Pomegranate berhubungan dengan antioksidan, alang-alang untuk obat panas dalam. Ini dikatakan ke depan menjadi tren. Masih banyak lagi superfood yang kita kenal seperti manggis, alpukat, sirsak," tutur Yuna. 

Tak hanya itu, kunyit, lidah buaya, moringa (daun kelor) dan superseed semisal biji bunga matahari juga diprediksi akan menjadi tren. 

Baca juga: Tujuh "superfood" agar jantung sehat

Sebagai superfood makanan-makanan ini memiliki ragam manfaat bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan kulitas diet hingga menurunkan risiko seseorang terkena penyakit jantung dan kanker.

Baca juga: Sukun ternyata "superfoods"
 

Pewarta: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2018