Jakarta (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI berencana menggunakan kotak suara berbahan dasar karton kedap air yang tahan tekanan untuk Pemilu 2019.

"Dalam peraturan kotak suara harus transparan. Maka dalam Rancangan PKPU, kami akan menggunakan kotak suara terbuat dari karton kedap air yang pada salah satu sisinya transparan, seperti kaleng kerupuk," kata Komisioner KPU Pramono Ubaid Tanthowi dalam acara uji publik Rancangan PKPU terkait Pemilu 2019 di Gedung KPU RI, Jakarta, Senin.

Pramono mengatakan ketahanan kotak suara karton itu terhadap air telah diuji coba dan terbukti tidak bisa kemasukan air jika terkena hujan atau jatuh ke sungai dan laut. Kotak suara itu, ia melanjutkan, juga sudah diuji menopang berat 80 kilogram dan tidak reyot.

"Jadi dari sisi kekuatan sangat bagus. Kalau dari sisi benturan, bahkan sebenarnya kalau berbahan aluminium jatuh ke aspal tetap saja peyot. Tapi intinya dalam kondisi normal, jika ada desakan dan tekanan ini sangat kuat," jelas Pramono.

KPU juga telah menyiapkan segel kotak suara berjenis brittle paper stiker untuk memastikan kotak suara aman dari manipulasi.
 

Pewarta: Rangga Pandu Asmara Jingga
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2018