Denpasar (ANTARA News) - Kepala Kepolisian Daerah Bali, Irjen (Pol) Petrus R. Golose mengatakan, tidak ada konflik saat perayaan Hari Raya Nyepi di Pulau Dewata beberapa waktu lalu, sehingga semua pelaksanaan "catur brata" penyepian berlangsung kondusif.

"Saya mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat Bali, karena mulai dari proses pelaksanaan pawai ogoh-ogoh hingga perayaan Hari Raya Nyepi tidak ada gejolak atau berjalan lancar dan tidak ada gesekan antar masyarakat," ujar Petrus R.Golose usai menggelar acara Dharma Santi Hari Raya Nyepi di Polda Bali, Denpasar, Senin.

Ia mengapresiasi, dukungan masyarakat di Pulau Dewata yang juga menjaga keamanan Bali sehingga tidak terjadi konflik luar biasa antar masyarakat dibandingkan tahun sebelumnya, sehingga makna dari Perayaan Hari Raya Nyepi yang telah berlangsung dapat terciptanya harmonisasi dan kedamaian yang telah dapat dijalankan bersama.

"Ini berkat dukungan masyarakat di Bali yang ikut menjaga keamanan daerahnya sehingga kita bisa merasakan dampak banyaknya wisatawan yang datang ke Pulau Dewata dan kami mengharapkan hal ini dapay terus terselenggara dengan baik ke depanya. Kami di Polda Bali juga akan betul-betul menjaga dan mengamankan Pulau Bali ini," katanya.

Jenderal bintang dua ini juga mengharapkan, pelaksanaan Hari Raya Nyepi yang telah berlangsung ini juga berdampak positif terhadap pelaksanaan Pilkada Bali 2018.

"Kami juga sudah membuat agenda untuk pelaksanaan Pilkada 2018 di Bali agar lebih aman dengan membuat kegiatan olahraga besama dengan pasangan calon Gubernur Bali dan pejabat di Pulau Dewata beberapa waktu lalu," katanya.

Tujuan dari kegiatan ini, sebagai kimitmen kepada kedua pasangan calon agar ikut mewujudkan segala tahapan Pilkada Bali 2018 secara damai, bermartabat, cinta damai dan menjunjung tinggi nilai sportivitas, yang tidak jauh beda dengan Perayaan Hari Raya Nyepi yang telah berlangsung di Pulau Dewata.

"Mudah-mudahan sinergitas ini meningkatkan kepercayaan masyarakat kepada kepolisian dalam upaya mewujudkan Bali yang aman dan damai, seperti survei yang telah dilakukan salah satu Universitas Udayana yang menilai insitusi Polda Bali sangat dipercaya masyarakat dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat," katanya.

Baca juga: Presiden ajak masyarakat bangun optimisme saat Nyepi

Pewarta: I Made Surya Wirantara Putra
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2018