Purwokerto (ANTARA News) - Tiket perjalanan sejumlah kereta api telah terjual habis untuk beberapa tanggal keberangkatan pada masa mudik Lebaran 2018, kata Manajer Humas PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi 5 Purwokerto Ixfan Hendriwintoko.

"Berdasarkan data RTS (Rail Ticket System) hari Selasa (13/3), hampir semua KA dari arah Jakarta dan Bandung tujuan kota-kota di wilayah timur yang melintasi wilayah Daop 5 Purwokerto, tiketnya telah terjual habis untuk beberapa tanggal keberangkatan," katanya di Purwokerto, Jawa Tengah, Rabu.

Ia mengatakan tiket kereta api dari arah Jakarta maupun Bandung yang telah terjual habis untuk keberangkatan tanggal 8--9 Juni (H-7 dan H-6 Lebaran) terdiri atas KA Argo Lawu dan KA Purwojaya, sedangkan KA Argo Dwipangga terjual habis untuk keberangkatan tanggal 9--10 Juni (H-6 dan H-5 Lebaran).

Sementara tiket KA Gajayana, KA Bima, KA Taksaka Malam, KA Sawunggalih Eksekutif, dan KA Gajahwong telah terjual habis untuk keberangkatan tanggal 8--10 Juni (H-7,H-6, dan H-5 Lebaran), sedangkan tiket KA Taksaka Pagi dan KA Malabar terjual habis untuk keberangkatan tanggal 9--10 Juni (H-6 dan H-7 Lebaran).

Tiket KA Fajar Utama Yogyakarta, KA Senja Utama Yogyakarta, KA Sawunggalih, dan KA Sawunggalih Ekonomi telah habis terjual untuk keberangkatan tanggal 8--11 Juni (H-7, H-6, H-5, dan H-4 Lebaran), sedangkan KA Gaya Baru Malam Selatan telah habis terjual untuk keberangkatan tanggal 5--8 Juni (H-10, H-9, H-8, dan H-7 Lebaran).

Tiket KA Pasundan, KA Kahuripan, KA Kutojaya Selatan, dan KA Serayu telah habis terjual untuk keberangkatan tanggal 8 Juni (H-7 Lebaran), KA Bengawan habis terjual untuk keberangkatan tanggal 5-11 Juni (H-10, H-9, H-8, H-7, H-6, H-5, dan H-4 Lebaran), serta KA Kutojaya Utara dan KA Progo habis terjual untuk keberangkatan tanggal 7--8 Juni (H-8 dan H-7 Lebaran).

"Bagi calon penumpang yang belum mendapatkan tiket, masih banyak tersedia untuk tanggal keberangkatan lainnya," kata Ixfan.

Selain itu, kata dia, PT KAI (Persero) juga akan mengoperasikan sejumlah KA tambahan lebaran pada tanggal 4--26 Juni 2018, 13 rangkaian di antaranya melintasi wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto.

"Penjualan tiket KA tambahan lebaran akan dibuka pada H-60 Lebaran dan pemesanannya dapat dilakukan melalui laman KAI, aplikasi KAI Access, Contact Center 121, atau melalui kanal eksternal yang telah bekerja sama dengan PT KAI (Persero)," katanya.

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2018