Ponorogo (ANTARA News) - Calon gubernur (Cagub) Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa menyebutkan Kabupaten Ponorogo yang memiliki banyak objek wisata memenuhi syarat untuk menjadi destinasi wisata.

"Keinginan untuk menjadikan Kabupaten Ponorogo sebagai daerah wisata, menurut saya sudah memenuhi syarat," kata Khofifah usai bertemu dengan seniman Reog Ponorogo di Panggung Monumen Bantarangin, Sumoroto yang merupakan rangkaian kegiatan kampanye di Kabupaten Ponorogo, Jawa Timur, Minggu.

Alasannya, menurut Khofifah, destiniasi wisata itu harus saling mendukung antara satu titik dengan titik yang lain. Di Ponorogo banyak terdapat objek wisata yang saling mendukung, misalnya, wisata alam, religi, kuliner, danseni budaya.

`Saya sudah pernah ke Telaga Ngebel. Di sekitar danau ada perbukitan, ada lingkungan alam yang sangat indah. Di Ponorogo ada sate ayam yang khas, ada makam Batoro Katong dan Masjid Tegalsari yang merupakan cagar budaya dan menjadi wisata religi. Ada juga kesenian Reog Ponorogo," katanya.

Sate ayam khas Ponorogo, menurut Khofifah, merupakan kuliner khas bagi Ponorogo yang tidak bisa ditiru oleh daerah lain.

"Orang membawa oleh-oleh sate ayam Ponorogo itu sangat khas. Karena bumbunya dipisah, sehingga bisa tahan lama," ujarnya.

Sementara itu sesepuh seniman Reog Ponorogo, Ahmad Tobroni Torejo berharap bila Khofifah terpilih menjadi Gubernur Jawa Timur, bisa mengangkat Ponorogo menjadi daerah wisata, karena memiliki banyak potensi.

"Kalau pariwisata diunggulkan, maka makanan khas Ponorogo bisa laku, hotel laku, sate laku. Lalu kehidupan ini akan berubah dari kehidupan agraris yang saat ini sedang lemah menjadi industri pariwisata," kata Tobroni berharap.

Selain bertemu seniman Reog Ponorogo, Khofifah Indar Parawansa melakukan serangkaian kegiatan. Antara lain mengunjungi pasar, pondok pesantren, perajin jenang, perajin reog, ziarah ke makam, kunjungan wisata ke Telaga Ngebel.
 
Seniman Reog Ponorogo. (ANTARA/Siswowidodo)

Pewarta: Louis Rika Stevani
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018