Jakarta (ANTARA News) - Demi melahirkan petinju potensial baru, Mahkota Promotion menggelar kejuaraan bergengsi Mahkota Boxing Super Series (MBSS) 2018 yang rencananya bakal digelar empat kali selama satu tahun.

"Memang. Tujuan utama dari MBSS ini adalah untuk mencari bibit baru petinju Indonesia yang nantinya menjadi penerus juara dunia selanjutnya," kata Pimpinan Mahkota Promotion, Raja Sapta Oktohari di Jakarta, Jumat.

Menurut dia, apa yang dilakukan merupakan salah satu bentuk tanggung jawab terhadap tinju Indonesia. Apalagi selama ini pihaknya sangat konsen dalam membina maupun menggelar pertandingan baik skala nasional maupun internasional.

Selama ini Mahkota Promotion sudah melahirkan beberapa juara dunia tinju. Sebut saja nama Chris John yang saat ini sudah pensiun. Satu lagi petinju yang haus gelar yaitu Daud Cino Yordan yang saat ini sedang menunggu lawan setelah pertandingan sebelumnya batal.

"Untuk seri pertama pertandingan akan digelar di Jakarta. Untuk berikutnya akan kami kaji lagi kota mana yang bakal menjadi tuan rumah. Banyak kota yang berpeluang menjadi tuan rumah," kata pria yang akrab dipanggil Okto itu.

Sesuai dengan rencana, seri pertama MBSS ini digelar di Cilandak Town Square (Citos) Jakarta, Sabtu (10/3). Ada empat partai yang dipertandingan khusus kelas bulu (57,1 kg) dan kelas terbang ringan (48,9 kg).

Pada seri pertama ini sudah disiapkan petinju yang siap tanding. Untuk kelas bulu akan mempertemukan Ongen Saknosiwi yang akan berhadapan dengan Ramadan serta Abdi Teger akan berhadapan dengan Reynol Kundiman.

Untuk kelas terbang ringan akan mempertemukan Hisar Mawan melawan Rengky Rohi dan Silem Serang melawan Tison Marganti Lahagu. Untuk pertandingannya sendiri dibawah pengawasan Komisi Tinju Profesional Indonesia (KTPI).

"Untuk bayaran, itu urusan dapur. Namun kami bakal memberikan bonus Rp5 juta jika menang KO. Bonus lainnya jika petinju menang selama empat seri, kami akan memberikan bonus Rp50 juta," kata pria yang juga Ketua INAPGOC itu.

Sementara itu salah satu petinju yang bakal bertanding, Rengky Rohi mengaku sudah siap untuk menjalani pertandingan, apalagi dirinya sudah menunggu kejuaraan yang diprakarsai oleh Mahkota Promotion itu.

Selain mempertandingkan empat partai tersebut, MBSS juga akan menampilkan event Rookie Fight dan partai debut profesional yang merupakan kolaborasi dengan Total Boxing. Rookie Fight merupakan gelaran tinju amatir di bawah kendali Pertina.

Pewarta: Bayu Kuncahyo
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2018