Jakarta (ANTARA News) - Tinggi muka air sejumlah aliran sungai di Jakarta masih dinyatakan normal, meskipun curah hujan kian tak menentu beberapa hari ini.

"Sejauh ini berdasarkan pantauan kami, seluruh kondisi muka air di Jakarta masih normal," kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana Sutopo Purwo Nugroho kepada Antara di Jakarta, Minggu.

Sutopo merinci di Banjir Kanal Barat, muka air masih berstatus Siaga 4 atau normal, begitu juga di Kali Ciliwung, Kali Sunter, Kali Utan Kayu dan sebagainya.

Hal itu dipengaruhi sebagaimana Bendungan Katulampa yang semakin surut akhir-akhir ini setelah sempat berstatus Siaga 1 beberapa hari lalu.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi DKI Jakarta, status Pintu Air Katulampa pada Minggu (11/2) hingga pukul 11.00 WIB, masih berstatus normal dengan kondisi gerimis.

Begitu juga di pintu air di berbagai daerah, yaitu Pos Depok, Manggarai Karet, Krukut Hulu, Pesanggrahan, Angket Hulu, Waduk Pluit, Cipinang Hulu, Sunter Hulu dan Pulo Gadung.

Hanya satu yang berstatus waspada atau Siaga III, yaitu Pintu Air Pasar Ikan dengan kondisi mendung, namun masih dalam batas normal.

Sutopo mengatakan meskipun masih dalam batas normal, namun BNPB akan terus bersiaga mengantisipasi kemungkinan yang terjadi. 

Pewarta: Juwita Trisna Rahayu
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018