Setelah pelatihan ini diharapkan para peserta akan menjadi kader pelopor perlindungan anak...
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Ketua Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) Rita Pranawati menginisiasi program pelatihan pengabdian masyarakat untuk perlindungan anak.

"Untuk membekali orang tua dengan pola asuh yang baik dan mencegah kekerasan terhadap anak. Jadi temanya pelatihan pengasuhan positif dan pencegahan kekerasan terhadap anak," kata Rita dalam siaran pers KPAI, Minggu.

Menurut dia, latar belakang digelarnya program ini adalah banyak terjadinya kasus kekerasan terhadap anak.

Upaya menekan kasus kekerasan terhadap anak sebaiknya difokuskan pada upaya memperbaiki sumber masalahnya yakni pola pengasuhan dalam keluarga.

Kegiatan pelatihan ini dilakukan di Masjid Bambu Apus Raya ini menggandeng Ranting Aisyiyah Bambu Apus Pamulang, Tangerang Selatan serta PKK, RT dan RW setempat.

Menurut dia, tujuan diselenggarakannya program ini yakni sebagai bekal pengetahuan cara mengasuh anak dengan disiplin positif.

"Para peserta diajak melakukan role play pola pengasuhan yang positif sehingga peserta memahami konsep pengasuhan positif," kata Dosen FISIP UHAMKA ini.

Dalam program tersebut, Rita juga menyampaikan materi kekerasan terhadap anak.

Menurut dia, para peserta diajak mengidentifikasi hal-hal yang termasuk kekerasan fisik, kekerasan psikis dan kekerasan seksual.

Program tersebut juga mengajarkan pesertanya cara bersikap bila melihat peristiwa kekerasan di lingkungan mereka.

Rita berharap, melalui pelatihan ini, tumbuh kesadaran masyarakat untuk mencegah kekerasan terhadap anak serta menanamkan pola pengasuhan positif di keluarga.

"Setelah pelatihan ini diharapkan para peserta akan menjadi kader pelopor perlindungan anak di Tangerang Selatan yang dapat mendeteksi dini potensi kekerasan sekaligus menghentikan kekerasan anak sejak awal," katanya.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018