Jakarta (ANTARA News - Menteri Luar Negeri RI Retno L.P. Marsudi membuka Pertemuan Pleno Ketiga Forum Konsultatif Indonesia-PBB (Indonesia-United Nations Consultative Forum/IUNCF) di Ruang Nusantara, Kementerian Luar Negeri di Jakarta, Kamis.

IUNCF merupakan sebuah mekanisme baru kemitraan strategis antara Indonesia dan sistem PBB yang telah ditetapkan pada 9 September 2013.

Forum tersebut berfungsi untuk memfasilitasi koordinasi berkelanjutan dan konstruktif antara Pemerintah Indonesia dan PBB, di antara kementerian dan juga di antara perwakilan badan-badan PBB di Indonesia.

IUNCF terdiri atas dua kelompok kerja, yaitu Kelompok Kerja untuk Berbagi Informasi dan Pengembangan Kerja Sama dan Kelompok Kerja untuk Administrasi.

Pertemuan ke-3 IUNCF pada Kamis (1/2) diketuai bersama oleh Direktur Jenderal Kerja Sama Multilateral Kemlu Febrian Ruddyard dan Koordinator Perwakilan PBB di Indonesia Anita Nirody.

Pertemuan tersebut membahas dan menindaklanjuti hasil-hasil pertemuan Kelompok Kerja untuk Berbagi Informasi dan Pengembangan Kerja Sama dan Kelompok Kerja untuk Administrasi, yang telah diselenggarakan pada 2017.

Selain itu, pertemuan tersebut mendiskusikan dan mengesahkan beberapa dokumen hasil, yaitu update daftar kerja sama, daftar kontak dan usulan kajian bersama program lembaga-lembaga PBB di Indonesia.

Dalam acara pembukaan Pertemuan Pleno ke-3 IUNCF, Menlu Retno Marsudi menyampaikan kembali tujuan dari IUNCF, yakni untuk memperkuat kemitraan antara pemerintah Indonesia dan PBB yang terkoordinasi, berorientasi tujuan, transparan, dan efektif.

Untuk itu, Menlu Retno menekankan bahwa badan-badan perwakilan PBB di Indonesia harus membangun sinergi dan kerja sama yang baik dengan kementerian/lembaga Indonesia.

"Maka penting bagi badan-badan PBB di Indonesia untuk memberikan informasi penuh mengenai program-program yang dijalankan di Indonesia, termasuk yang di tingkat lokal," ujar dia.

Selain itu, Menlu Retno juga menyampaikan komitmen Indonesia untuk bekerjasama dengan komunitas internasional dan PBB untuk menjadi bagian dari solusi dalam menangani tantangan global.

"Indonesia akan terus maju untuk menghadapi berbagai tantangan yang ada dengan langkah-langkah konkret," ucap Menlu RI.

Pewarta: Yuni Arisandy Sinaga
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2018