Sabang, Aceh (ANTARA News) - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengingatkan, waspadai potensi terjadi peningkatan angin serta gelombang tinggi di perairan Sabang, Provinsi Aceh dari tanggal 14-16 Januari.

Kepala Stasiun Meteorologi Cot Ba U Maimun Saleh, Sabang Siswanto, Minggu menyampaikan, berdasarkan pantauan kondisi atmosfer terkini, terdapat peningkatan kecepatan angin dan berpeluang terjadi di perairan Sabang, Provinsi paling ujung Barat Sumatera berkisar antara 28 - 46 kilometer / jam.

"Dampak yang bisa ditimbulkan dari gangguan cuaca ini antara lain angin kencang dan gelombang tinggi," katanya.

"Sehubungan dengan kondisi diatas dari tanggal 14-16 Januari masyarakat yang melakukan aktifitas pelayaran dari Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya serta masyarakat nelayan dihimbau untuk tetap waspada dan siaga dengan selalu memperhatikan update informasi cuaca dan gelombang," tambahnya.

BMKG juga memprakirakan, peningkatan kecepatan angin 46 ? 64 kilometer /jam juga berpeluang terjadi di Laut China Selatan, Laut Natuna Utara, Perairan Kepulauan Natuna ? Anambas, Perairan Kalimantan Barat dan Selat Karimata.

"Sepekan terakhir dan sampai dua hari kedepan secara dominan angin bertiup dari arah Timur Laut dan masyarakat nelayan diimbau selalu waspada dan jika terjadi cuaca buruk untuk tidak melaut sementara waktu sampai cuaca membaik demi keselamatan," pinta Kepala Stasiun Meteorologi Cot Ba U Maimun Saleh, Sabang

Kepualaun paling ujung barat Indonesia yang diapit Selat Mala dan Samudera Hindia sepanjang tahun dilanda dua musim yakni, Timur dan Barat.

Kedua musim tersebut pernah dilanda cuaca buruk dan jadwal pelayaran dari Sabang-Banda Aceh dan sebaliknya pun pernah ditunda, kemudian masyarakat nelayan pun enggan melaut demi kelesamatan.

Pewarta: Irman Yusuf
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2018