London (ANTARA News) - Duta Besar Republik Indonesia untuk Meksiko Serikat, Yusra Khan, membuka kegiatan Perayaan Natal Bersama Masyarakat Indonesia di Meksiko 2017 yang berlangsung meriah di Kedutaan Besar Republik Indonesia di Mexico City, Sabtu.

Perayaan Natal diikuti sekitar 140 warga masyarakat dan diaspora Indonesia bertema Natal "Hendaklah Damai Sejahtera Kristus Memerintah dalam Hatimu", demikian Pensosbud KBRI Meksiko City Febby Fahrani kepada Antara London, Minggu.

Dalam pesannya, Dubes Yusra Khan mengajak umat Kristiani Indonesia agar dapat selalu memelihara perdamaian dalam kehidupan meski sedang berada di rantau.

Dikatakannya, tema pembawa damai sejahtera tepat dijadikan perenungan tidak hanya bagi umat Kristiani, tapi juga seluruh warga negara Indonesia di Meksiko, agar cita-cita luhur bangsa dan negara Indonesia menciptakan persatuan, keadilan sosial dan damai sejahtera dapat diwujudkan bersama.

Kegiatan perayaan diawali dengan ibadah Natal dibawakan secara oikumene (gabungan antara Kristen Protestan dan Katolik) oleh Father John Kennedy dan Pastor Barry McLeod. Kedua pemimpin ibadah Natal mengajak umat Kristiani menjadi sumber damai sejahtera menjadi kekuatan.

Usai ibadah, diadakan acara persembahan dari anak-anak dan masyarakat Indonesia.

Penyelenggaraan Posada Natal dengan pemukulan pi?ata dan pertunjukan operet Natal khas Meksiko merupakan pencerminan toleransi dan penerimaan masyarakat Indonesia mengikuti kebiasaan masyarakat setempat, termasuk dalam merayakan Natal.

Acara ramah- tamah sambil menikmati hidangan masakan khas Sunda mengakhiri kegiatan perayaan. Acara diadakan KBRI untuk lebih mempererat tali silaturahim di antara masyarakat dan diaspora Indonesia baik menganut agama Kristen Protestan, Katholik, dan mereka yang berbeda keyakinan.

Perayaan Natal tahun ini juga menandai peresmian pembentukan Persekutuan Oikumene Masyarakat Indonesia (POMI) di Meksiko. Menurut Christian Pangaribuan yang secara aklamasi terpilih sebagai Ketua POMI, persekutuan ini diharapkan akan semakin memperkokoh persaudaraan umat Kristiani Indonesia di Meksiko.

Pewarta: Zeynita Gibbons
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2017