Jakarta (ANTARA News) - Cuaca ekstrem yang melanda Ibu Kota membuat Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kembali menginstruksikan seluruh aparat Pemprov responsif terhadap segala bentuk potensi bencana, salah satunya banjir.

"Kami ingin membangun sistem pemerintahan yang responsif sehingga saya menghimbau aparat pemprov tanggap apabila ada masalah dan direspon serta dikerjakan," kata Anies di Jakarta Utara, Selasa.

Dia mengingatkan setiap aparat Pemprov DKI memikul tanggung jawab melayani warga yang didapat melalui sumpah, sehingga setiap kali warga membutuhkan aparat harus selalu ada.

"Kita berseragam ini sudah disumpah untuk melayani warga dan menjalankan amanat negara sehingga kita harus lebih cepat dalam merespon setiap masalah yang ada pada warga," kata Anies.

Apalagi saat musim hujan dan potensi banjir di beberapa daerah di Jakarta, Anies juga menggaungkan kembali tiga pesan untuk mengantisipasi bencana yaitu siaga, tanggap dan galang.

Pesan tersebut bukan hanya ditujukan kepada para aparat Pemprov DKI tetapi juga keikutsertaan warga melalui ketua RT, katanya.

"Perlu diingat untuk semua tiga pesan yakni siaga, tanggap dan galang agar antisipasi bencana bisa berjalan dengan baik," kata Anies.

Pewarta: Susylo Asmalyah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2017