Gunung Kidul (ANTARA News) - Seluruh pengungsi di Desa Pacarejo, Semanu, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, sudah mulai pulang ke rumah masing-masing, dan mereka mulai membersihkan rumahnya agar bisa segera ditinggali kembali.

Kepala Desa Pacarejo Suhadi di Gunung Kidul, Senin, mengatakan seluruh pengungsi yang selama ini tinggal di pengungsian sudah pulang, paling akhir hari ini.

"Pada hari pertama banjir ada 1.000-an warga yang mengungsi, dan terakhir kemarin ada 300-an orang. Sehingga, di Desa Pacarejo sudah tidak ada pengungsi, karena kemarin dampak banjir paling akhir sudah mulai surut," katanya.

Dia mengatakan untuk membantu warga, pihaknya berkoordinasi dengan kepala dusun yang tidak terkena banjir untuk mengirimkan bantuan kepada dusun yang terkena banjir.

"Hari ini ada 100-an relawan yang diterjunkan untuk membantu warga yang membersihkan rumah hingga memperbaiki rumah yang rusak," katanya.

Suhadi mengatakan yang paling parah terkena bencana adalah Kuwon Lor dan Kuwon Kidul. Saat ini semuanya sudah tidak ada banjir tinggal sisa banjir.

"Saat ini, banjir sudah surut semuanya semoga tidak ada lagi hujan deras," katanya.

Salah seorang warga Kuwon Kidul Ngatinah (65) mengatakan banjir di rumahnya paling akhir surut bersama tiga rumah lainnya.
"Rumah saya itu yang paling parah bersama tiga rumah lainnya, karena paling akhir surutnya," katanya.

Ia mengatakan dibantu relawan sudah memperbaiki rumah dan membersihkan barang-barang yang terendam air hampir seminggu.

"Hari ini membersihkan perkakas rumah yang terendam banjir," katanya.

Pewarta: Sutarmi
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2017