Saya ini kagum dengan semangat kompetisi Presiden Jokowi. Semangat seperti itulah yang harus tertular pada kita semua. Jangan punya mental pecundang."
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Sri Mulyani kagum pada semangat Presiden Joko Widodo yang selalu ingin berkompetisi di era globalisasi sekarang ini.

"Saya ini kagum dengan semangat kompetisi Presiden Jokowi. Semangat seperti itulah yang harus tertular pada kita semua. Jangan punya mental pecundang," kata Sri Mulyani dalam kuliah umum yang diselenggarakan oleh organisasi kemasyarakatan Pro Jokowi (Projo) di Wisma Antara, Jakarta, Rabu malam.

Mantan Direktur Pelaksana Bank Dunia itu mengatakan semangat berkompetisi itu menunjukkan bahwa pemerintah tidak minder untuk menunjukkan bahwa Indonesia adalah negara besar yang siap berkompetisi dengan pesaingnya.

Sri Mulyani mengatakan semangat untuk bersaing tersebut salah satunya diwujudkan melalui upaya membuka ekonomi.

Ia mengatakan pemahaman mengenai komposisi perekonomian menjadi penting supaya negara mampu berkompetisi ketika membuka ekonominya.

Sri Mulyani berpendapat bahwa tidak ada negara besar dan sejahtera kalau ekonominya tertutup.

"Semua negara yang menjadi kaya dan makmur adalah negara yang terbuka dan mampu berkompetisi dan `keep moving`. Ini seperti `nature` dari manusia," kata dia.

Pewarta: Roberto Calvinantya Basuki
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2017