Kupang (ANTARA News) - Markas Besar Polri memberikan bantuan kepada Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Timur satu unit kapal patroli untuk membantu menjaga wilayah perairan laut provinsi berbasis kepulauan itu.

"Kita dapat bantuan satu kapal Patroli berukuran C2, dan menurut saya itu kapal yang besar dibandingkan dengan kapal-kapal yang lainnya yang dimiliki Polda NTT dalam hal ini Polisi Perairan kita," kata Kabid Humas Polda NTT AKBP Jules Abraham Abast di Kupang, Jumat.

Ia menjelaskan, kapal Patroli yang diberikan oleh Mabes Polri itu merupakan sebuah kapal terbaru yang memang diberikan khusus untuk patroli dan menjaga wilayah perairan NTT dari berbagai kasus kejahatan yang berkaitan dengan kelautan.

Saat ini kapal yang diberinama KP Pulau Timor itu saat ini masih singah di pelabuhan Benoa Bali, sebelum diberangkatkan ke Kupang.

"Seharusnya kapal tersebut sudah tiba di Kupang. Namun karena cuaca yang buruk, kapal tersebut belum bisa tiba di Kupang, sehingga hingga saat ini masih berlabuh di Pelabuhan Benoa sambil mengisi bahan bakar dan bahan makanan sebelum melanjutkan perjalanan ke Kupang," tuturnya.

Kapolda NTT Irjen Pol Agung Sabar Santoso juga berada di Benoa, Bali untuk meninjau kapal tersebut.

Jules menambahkan kapal yang menuju Kupang itu saat ini dibawah pimpinan Iptu Ali dengan membawa anak buah kapalnya sebanyak sepuluh orang.

Kapal dengan kekuatan dua mesin tersebut mampu menerjang ombak setinggi tiga sampai empat meter, sehingga dipastikan sekitar dua hari perjalanan dari Benoa bisa tiba di Kupang dalam waktu dekat ini.

Dengan adanya kapal tersebut lanjutnya saat ini sudah ada 21 kapal yang dimiliki oleh Polda NTT khususnya Polairud.

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2017