Pekanbaru, Riau (ANTARA News) - Lima desa di Kecamatan Bonai Darussalam, Kabupaten Rokan Hulu, terendam banjir akibat meluapnya air di Sungai Rokan settelah hujan terus menerus akibat curah hujan yang tinggi.

Kelima desa itu adalah Desa Kasang Mangkal, Kasang Padang, Sontang, Teluk Sono, dan Bonai.  Luapan sungai itu sudah terjadi dari hulunya di Kecamatan Kunto Darussalam, Ujung Batu, Tandun, dan Rokan IV Koto, Rohul, kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Riau Kombes Pol Guntur Aryo Tejo di Pekanbaru, Selasa.

Di Desa Kasang Mungkal ketinggian air mencapai 90-100 centimeter sehingga SDN 03 diliburkan tiga hari mulai hari ini, sedangkan 45 unit rumah di Dusun Sei Sagang terendam banjir, 35 unit rumah Dusun 3 Sei Kulim, dan lima rumah  di Dusun Sei Dauhan Baru.

Di Desa Sontang ketinggian air juga hingga 60-100 cm sehingga PAUD Mawar, TK Anggrek, SDN. 01, SMP. 01, SMA 01, dan SDN 06 diliburkan, juga tiga hari, mulai hari ini.

Jumlah rumah terendam banjir lebih kurang 150 unit di Dusun Titian Gading, 100 unit di Dusun II Delapan Tali Baru, dan 77 unit di Dusun I Harapan. Selain itu, masjid, surau dan pasar.

"Prasarana pemerintahan, Pusat Kesehatab Masyarakat dan Kantor Urusan Agama juga terkena banjir," ujar Guntur.

Air setinggi 60-150 cm juga menerjang Desa Teluk Sono sehingga merendam 235 rumah, selain sebuah sekolah dasar diliburkan. Sedangkan Desa Kasang Padang direndami air setinggi 50-100 Cm. Demikian pula Desa Bonai.

Pewarta: Bayu Agustari Adha
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2017