Brasilia (ANTARA News) - Brasil bersiap keluar dari resesi pada tahun depan dengan pertumbuhan ekonomi yang rendah dan meletakkan landasan untuk stabilitas jangka panjang, kata Menteri Keuangan Henrique Meirelles, Rabu (21/12).

Meirelles sangat berhati-hati dalam memprediksi pertumbuhan ekonomi Brasil setelah Produk Domestik Bruto menyusut selama dua tahun.

"Ada kemungkinan, tetapi juga ada ketidakpastian PDB akan tumbuh pada kuartal pertama 2017. Namun, kami tidak berharap banyak," ujarnya dalam konferensi pers.

Sepanjang tahun depan, perekonomian Brasil kemungkinan tumbuh satu persen. Namun, sejumlah analis memprediksi perekonomian negara tersebut hanya tumbuh 0,58 persen.

Namun, Meirelles menegaskan bahwa reformasi penghematan anggaran dengan fokus pemangkasan anggaran belanja negara untuk jangka waktu 20 tahun, menjadi bukti Brasil berada pada jalur yang benar untuk mendorong pertumbuhan ekonomi.

Presiden Michel Temer juga meminta Kongres mengesahkan reformasi dana pensiun, tetapi kebijakan tersebut tidak populer dan hanya 10 persen rakyat Brasil berpendapat pemerintah menjalankan tugasnya dengan baik, menurut survei Datafolha bulan ini.

Ekonomi Brasil menyusut 3,8 persen pada 2015 dan diprediksi jatuh 3,5 persen pada 2016, demikian dilansir AFP. (ab/)

Editor: Heppy Ratna Sari
Copyright © ANTARA 2016