Jakarta (ANTARA News) - Pelatih sektor tunggal putra pelatnas Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Hendri Saputra mengevaluasi penampilan atlet asuhannya Anthony Sinisuka Ginting dalam dua turnamen bulu tangkis yaitu Prancis Terbuka 2016 dan Bitburger Terbuka 2016 di Jerman.

"Dari dua pertandingan itu, Anthony masih sering melakukan kesalahan. Pada saat unggul atas lawan atau poin-poin kritis, dia justru gampang mati sendiri," kata Hendri dalam pesan singkat kepada ANTARA News di Jakarta, Kamis.

Anthony Ginting kalah pada putaran kedua turnamen Prancis Terbuka 2016 dari pemain andalan Denmark Jan O Jorgensen dalam dua game langsung 20-22, 15-21 selama 41 menit. Ini merupakan kekalahannya yang ketiga atas Jorgensen dari tiga kali pertemuan keduanya.

Pemain asal klub SGS PLN Bandung itu mengawali turnamen tingkat superseries itu dari babak kualifikasi dan mengalahkan dua lawan yaitu pemain tuan rumah Lucas Claerbout dan pemain Brazil Ygor Coelho De Oliveira.

Dalam laga pertama turnamen berhadiah total 300 ribu dolar AS tersebut, Anthony menang atas atlet India Ajay Jayaram dengan tiga game 20-22, 21-10, 21-18.

Pada turnamen Bitburger Terbuka 2016 di kota Saarbrucken, Jerman, Anthony yang menjadi pemain unggulan 11 terhenti pada laga pertama. Anthony kalah dari wakil Thailand Khosit Phetpradab dalam dua game langsung 19-21, 14-21 selama 40 menit pertandingan.

Hendri mengatakan Anthony masih butuh waktu agar permainannya semakin matang dan tidak mudah melakukan kesalahan-kesalahan sendiri pada poin-poin terakhir.

"Dalam pertandingan-pertandingan sebelumnya, Anthony sudah tampil bagus. Tapi, dia juga harus menyadari kekurangannya agar penampilannya semakin bagus," kata Hendri yang mendampingi dua tunggal putra lain Indonesia yaitu Ihsan Maulana Mustofa dan Jonatan Christie berlatih di Jerman.

Jonatan akan menghadapi pemain Belanda Mark Caljouw pada laga putaran ketiga Bitburger Terbuka yang merupakan turnamen tingkat grand prix gold pada Kamis petang waktu setempat. Sedangkan, Ihsan yang menempati unggulan enam akan melawan pemain India Sourabh Varma.

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2016